Model Pembelajaran Flipped Learning bagi Guru-guru SMA Negeri 8 Gowa

Seny Luhriyani(1*), Abdul Wahid(2), Andi Hajar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru-Guru SMA 8 Negeri Gowa. Sebagai Guru yang mengajar para generasi milenial yang notabene adalah generasi yang sudah banyak terpapar oleh teknologi informasi, dituntut untuk bisa menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajarannya dan juga perlu memikirkan model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang dianggap cocok dengan gaya millennial saat ini adalah flipped learning. Flipped learning adalah model pembelajaran yang membalik metode tradisional, dimana biasanya materi diberikan dikelas dan siswa mengerjakan tugas dirumah maka pada flipped learning, materi terlebih dahulu diberikan melalui video pembelajaran atau bahan bacaan lainnya melalui elearning yang harus ditonton atau dibaca oleh siswa dirumah masing–masing. Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, guru maupun murid harus memiliki model pembelajaran yang inovatif dan menarik, hal ini juga dialami oleh SMA Negeri 8 Gowa, sudah saatnya beralih dari model pembelajaran tradisional ke model pembelajaran yang modern. Namun demikian, ada gap yang dialami oleh guru SMA Negeri 8 Gowa dimana mereka masih belum banyak memiliki pengetahuan mengenai media yang bisa digunakan sebagai penunjang model flipped learning ini. Aplikasi-aplikasi penunjang flipped learning seperti edpuzzle dan filmora sebagai video audio editor, paddlet sebagai media forum diskusi online, kahoot sebagai media kuis creator sampai edmodo sebagai media e-learning dan SLN- nya belum banyak diketahui oleh guru-guru SMA Negeri 8 Gowa, bahkan beberapa diantaranya sama sekali belum pernah mendengar aplikasi ini. Adanya gap inilah yang melatar belakangi untuk memberikan pelatihan dan workshop Flipped Learning

Full Text:

PDF

References


Adzharuddin, Nor Azura dan Ling, Nor Azura., 2013, Learning Management System (LMS) among University Students: Does It Work?, International Journal of e-Education, eBusiness, e-Management and e-Learning, Vol. 3, No. 3. Huang, J. J. S., Yang, S. J. H., Huang,Y.-M., dan Hsiao, I. Y. T, 2010, Social Learning Networks: Build Mobile Learning Networks Based on Collaborative Services, Educational Technology & Society, 13 (3), 78–92. Kurniawan, Rendra., 2009, Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web, Institut Teknologi Adhi Tama, SurabayaIndonesia. Wang, Qiyun., Woo, Huay Lit., Quek, Choon Lang., Yang, Yuqin and Liu, Mei., 2012, Using the Facebook group as a learning management system: An exploratory study, British Journal of Educational Technology Vol 43 No 3. Warjanto, Setyo., Nurhayati., Azhar, Anugrah., 2014, Efektifitas Social Learning Network Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Alat Optik, Prosiding Fisika UIN 2014, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.