Pemasaran Usaha Kuliner Khas Daerah Berdayakan PKK

Hariany Idris(1*), Nur Eny P.(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini dilaksanakan di Kabupaten Luwu Utara. Mitra kegiatan adalah ibu-ibu penggiat PKK Desa Munte. Permasalahnya adalah: (1) terbatasnya ilmu pemasaran bagi para ibu rumah tangga, (2) banyaknya masakan dan panganan khas daerah yang belum dikembangkan menjadi produk unggulan, (3) jumlah produksi makanan dan kue khas daerah untuk dipasarkan masih sangat terbatas, dan (4) kualitas produksi dan pemasaran makanan dan kue khas yang masih sangat terbatas. Sasaran eksternal adalah produk-produk makanan dan panganan khas daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk komersil yang bernilai ekonomi tinggi. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mengemas produk olahan makanan dan panganan yang memiliki nilai jual tinggi, (2) mitra memiliki keterampilan untuk memasarkan produk masakan dan kue-kue khas daerah, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi makanan dan panganan yang bernilai ekonomi yang tinggi, dan (4) mitra memiliki alternatif untuk berusaha membantu perekonomian rumah tangga mereka.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buhari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke-13. Jakarta: Penerbit Erlangga. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.