Penerapan Pembelajaran 4.0 Berbasis Daring dalam Masa Pandemi Covid-19

Udin Sidik Sidin(1*), Sanatang Sanatang(2), Muhammad Riska(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih guru-guru di sekolah tersebut cara membuat media pembelajaran dan menerapkankan pembelajaran 4.0 berbasis daring dalam masa pandemi Covid-19 dalam kegiatan pembelajaran di sekolah mitra yaitu SD Inpres Sero Gowa Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah masih banyak guru yang belum memanfaatkan pembelajaran berbasis daring, belum mahirnya guru-guru menggunakan pembelajaran berbasis daring sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan inovatif, dan belum mengetahui sarana pendukung dalam pembuatan media pembelajaran dan membuat quiz interaktif. Metode yang digunakan dalan kegiatan ini yaitu membagikan modul materi pelatihan sebagai referensi, metode ceramah dan tanya jawab dimana peserta akan dibekali dengan penguasaan dasar media pembelajaran, pengertian media pembelajaran serta sarana pendukung, metode praktek membuat media pembelajaran daring berbasis Kelas-e, dan Google Classroom serta kuis interaktif menggunakan Quizizz. Hasil yang dicapai adalah guru telah memanfaatkan pembelajaran berbasis daring, guru telah mahir menggunakan pembelajaran berbasis daring sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan inovatif, dan telah mengetahui sarana pendukung dalam pembuatan media pembelajaran dan membuat kuis.

Full Text:

PDF

References


Arif Sadiman. Dkk. 2003. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta. CV Rajawali. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran; Edisi Revisi. Retrieved from http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123 456789/63939 Ferry, D., & Kamil, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Pedagogi Hayati, 3(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.16 41 Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019 Jasmadi, 2010. Menyusun Presentasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dengan MS Office 2010. Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta. Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta:Prenada Media dan Pustekkom Diknas.

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers’ Survey and Perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269–281. https://doi.org/10.3926/jotse.662 Mukminin, A., Habibi, A., Muhaimin, A., Haryanto, E., & Setiono, P. (2019). Vocational Technical High School Teachers’ Beliefs Towards ICT For The 21st Century Education: Indonesian Context. Problems of Education in the 21st century, 77(1), 22–38. Retrieved from https://scientiasocialis.lt/pec/biblio?f[author]=153 9 Murdiyani, I. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode E-Learning Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/articl e/view/130 Nana Sudjana & Ahmad Rivai.(2002). Media Pengajaran. Bandung CV SinarBaru Prasojo, L. D., Habibi, A., & Mukminin, A. (2017). Managing Digital Learning Environments: Student Teachers’ Perception on the Social Networking Services Use in Writing Courses in Teacher Education. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 16(4), 42–55. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1160635 Prasojo, L. D., Mukminin, A., Habibi, A., Marzulina, L., Muhammad, S., & Harto, K. (2018). Learning to Teach in A Digital Age: ICT Integration and EFL Student Teachers’teaching Practices. Teaching English with Technology, 18(3), 18–32. Retrieved from https://www.ceeol.com/search/articledetail?id=68 3373 Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id= SdxDDwAAQBAJ&oi Putu, F. Y., I Ketut, A., & I Nyoman Gede, S. (2014). Efektifitas Penggunaan Media Cetak Dan Media Elektronika Dalam Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perubahan Sikap Siswa SD. JKL (Jurnal Kesehatan Lingkungan), 4(1), 29–39. Retrieved from http://repository.poltekkesdenpasar.ac.id/1905/ Riyanto, R., & Susilawati, L. (2019). Penerapan Media Aurora Animasi 3D Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi Ikip Budi Utomo Malang. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(01), 52–57. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i01.438 Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590 Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590 Suprihatin, S. (2017). Penggunaan Media Pengajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas X Semester I Smk Negeri 1 Bendo Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 320–333. http://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1259


Article Metrics

Abstract view : 947 times | PDF view : 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.