Pelatihan Penulisan Referensi Pada Kelompok Penulis Karya Ilmiah di Kabupaten Gowa

Indrawaty Asfah(1*), Lely Novia(2), Muhammad Tahir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Kelompok Penulis di Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang cara penulisan referensi yang tepat, (2) kurangnya keterampilan dalam nenuliskan sitasi yang baik, (3) kurangnya interaksi dengan pengutipan akademik yang standar dan (4) kurangnya kebiasaan riset yang baik. Sasaran eksternal adalah peningkatan kompetensi para anggota Kelompok Penulis Karya Ilmiah dan peningkatan kompetensi mereka. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab dan diskusi, dan metode latihan atau praktek. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang cara penulisan referensi yang tepat, (2) mitra memiliki keterampilan sitasi yang baik, (3) mitra memiliki kemampuan untuk mengenali pengutipan akademik yang standar, dan (4) pelatihan ini bisa menumbuhkan kebiasaan riset yang baik.

Full Text:

PDF

References


Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tnaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:2001 Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Maryadi. (2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk. (Es). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm.13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tatang, M,Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

Soeparno. (2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah). Jurusan AP FIP UNY, 16-20 Mei 2003. Suyanto. (2001). Teknik Penulisan Artikel lmiah. Makalah disampaikan dalam Lokarkarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober 2003. Wahyu, Wibowo. (2001). Managemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 280 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.