Penerapan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Alat Peraga Permainan Olahraga Tradisional, IPA dan Bahasa Indonesia bagi Guru di SD Kabupaten Gowa

Lutfi Lutfi(1*), Andi Makassau(2), Rohana Rohana(3), St. Nursiah(4), Rosdiah Salam(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


PKM Penerapan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Alat Peraga Permainan Olahraga Tradisional, IPA dan Bahasa Indonesia bagi Guru Di SD Kabupaten Gowa. Pengabdian masyarakat  bertujuan untuk (1) mempergunakan Alat Peraga Permainan Olahraga Tradisiona, IPA dan Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran sesuai materi yang diajarkan untuk meningkatkan efesiensi waktu dalam proses pembelajaran, (2) meningkatkan kemapuan penguasaan materi dan keterampilan  menggunakan alat peraga Permainan Olahraga Tradisiona, IPA dan Bahasa Indonesia bagi Guru-guru di SD di Kabupaten Gowa. Selain itu dapat pula meningkatkan motivasi dalam proses belajar mengajar dan untuk menunjang pelaksanaan cara belajar siswa aktif (CBSA). Target khusus yang ingin dicapai adalah (1) menambah pengetahuan dan keterampilan serta kreatifitas guru  menggunakan alat praktik alat peraga dalam percobaan, (2) mengembangkan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan belajar dan perkembangan anak, serta (3) teratasinya kesulitan/keterbatasan penggunaan alat peraga Permainan Olahraga Tradisional, Bahasa Indonesia  dan IPA dalam percobaan untuk keperluan pembelajaran. Metode dan pendekatan yang digunakan yaitu: Model pembelajaran langsung dan pemberian tugas dengan penerapan pendekatan Keterampilan Proses. Luarannya adalah:  Alat peraga Permainan Olahraga Tradisional, alat perga IPA, dan alat peraga Bahasa Indonesia rupa SD. Metode ceramah dengan memberikan penyuluhan tentang tata cara penggunaan alat peraga Permainan Olahraga Tradisiona, IPA dan Bahasa Indonesia SD kepada Guru. Metode demonstrasi dengan memperagakan pembuatan dan penggunaan alat peraga Permainan Olahraga Tradisiona, IPA dan Bahasa Indonesia SD sesuai topik materi yang  diajarkan. Metode praktikum dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan demonstrasi sesuai pokok bahasan yang diajarkan dan Lembar kegiatan peserta didik  yang diberikan sambil dibimbing tentang cara penggunaan alat peraga Permainan Olahraga Tradisiona, IPA dan Bahasa Indonesia SD. Terakhir metode pemberian tugas melalui pertanyaan yang akan dikerjakan/dilakukan di halaman sekolah

Full Text:

PDF

References


Aip Syarifuddin, 1993:Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud, Jakarta. Akbar Sutawidjaya, 1995: Penggunaan Alat Peraga Dalam Pengajaran. Suatu penelitian Rangkuman. Puslit IKIP Malang. Carin, A.A. and Sund, R.B., Teaching Modern Science, Charles E. Merril Co., A Bell & Howell Company, London, 1985. Chalik Toho, 1997:Pendidikan jasmani dan kesehatan, Depdikbud, Jakarta. Dian Kristiani, 2015:Ensiklopedia Negeriku Permainan Tradional, Penerbit PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta. Harlen, W. Teaching and Learning Primary Science, Harper & Row Publishers, London, 1985. Harre, R., The Philosophies of Science, Oxford University Press, Oxford, 1985. Harsuki, 2003:Perkembangan Olahraga Terkini, Penerbit PT Rajagrafindo persada, Jakarta. Herman Hudoyo, 1990. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit IKIP Malang. Husna M, 2009:Permaian Tradisional Indonesia, Penerbit Andi, Yogyakarta. Suko Riyanto, 1990. Pengaruh Alat Peraga Sebagai

Alat Bantu Dalam Pengajaran. FPMIPA IKIP Malang. Sri Mulyani, 2013.45 Permainan Tradisional Indonesia. Pernerbit Langensari Publishing. Yogyakarta Unesco, Unesco Handbook for Science Teachers, Unesco Paris, 1980.


Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.