Model Pembelajaran Berbasis Metakognitif Bagi Guru SD di Kabupaten Bone

Sitti Jauhar(1*), Awaluddin Muin(2), Idris Jafar(3), Hasbi Rauf(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan bersama dengan guru sekolah dasar dalam bentuk pelatihan model pembelajaran berbasis metakognisi, di  Kabupaten Bone. Masalahnya adalah:. (1) Kurangnya pemahaman dan keterampilan guru tentang Pembelajaran Berbasis metakognisi. (2) Kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran yang bernuansa HOTS. Sasaran; guru-guru sekolah dasar di kabupaten Bone. Sasaran pengabdian adalah guru-guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendamping mitra. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan pelatihan adalah; (1) peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi peserta dalam membelajarkan materi Pembelajaran Berbasis metakognisi,  (2). Peningkatan  wawasan dalam melaksanakan pembelajaran yang bernuansa High order thinking skill (HOTS)

Full Text:

PDF

References


Fernandes, HJX.(1984). Evaluation of educational programs. Jakarta : National Education Planning Evaluation and Curriculum Development. Joyce, Bruce & Weil, Marsha. (1996). Models of teaching. Boston : Library of Congress Cataloging. Kunh,Thomas (1969). The structure of scientific revolutions. Chicago : The University of Chicago press.

Mursell, James. (1982 ). Pengajaran berhasil. Jakarta : UI. Prihadi (2008). Inovasi Pembelajaran melalui CTL dan Lesson Study. Yogyakarta :P3AI UNY. Pusat Kurikulum. (2002). Rigkasan Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta : Balitbang. Puskur, Balitbang, Depsiknas. (2003). Kurikulum Hasil Belajar. Rumpun Pelajaran Kesenian. Jakarta : Depdiknas https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/mengintegrasik an-higher-order-of-thinking-skill-hots-padapembelajaran-sains-di-sd/ diakses pada 18 oct.2020


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.