Meningkatkan Kompetensi Guru dengan Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Terintegrasi Budaya dan Kearifan Lokal

Usman Mulbar(1*), Ilham Minggi(2), Ahmad Zaki(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pembelajaran matematika realistik yang dilakukan secara daring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pembelajaran matematika realistik, (2) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan pembelajaran matematika realistik dalam proses pembelajaran, dan (3) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik dalam proses pembelajaran. Khalayak sasaran utama dalam kegiatan ini yaitu guru-guru sekolah TK, SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MAN diseluruh wilayah Indonesia. Wilayah lokasi mitra meliputi seluruh Indonesia karena PKM dilakukan secara daring (online) yang disebut dengan PKM-Virtual. Kegiatan pelatihan dan workshop dilaksanakan berpusat di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya pengetahuan mengenai pembelajaran matematika realistik, (2) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan pembelajaran matematika realistik dalam proses pembelajaran, dan (3) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik dalam proses pembelajaran. Hasil lain yang diperoleh yaitu meningkatnya motivasi peserta dalam mengetahui materi pembelajaran matematika realistik dan tingginya antusiasme peserta dalam menyebarluaskan atau mendiseminasikan hasil-hasil program PKM terutama materi pembelajaran matematika realistik. Luaran/output kegiatan PKM yaitu (1) meningkatnya pengetahuan peserta mengenai materi-materi kegiatan, (2) artikel ilmiah yang dipublikasi pada seminar nasional, dan (3) publikasi pelaksanaan PKM pada media online

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Mulbar, U., Nasrullah. 2018. PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar. Apriyanto. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Students Teams – Achievement Divisions) pada Siswa Kelas VIII SMP. Tidak diterbitkan. Arifin, Martoenoes. 2005. Filsafat Pendidikan. FIP Universitas Negeri Makassar: Makassar. Koehler, M., & Mishra, P. (2005). What happens when teachers design educational technology? The development of technological pedagogical content knowledge. Journal of Educational Computing Research, 32(2), 131 Loughran, J., Mullhall, P., & Berry, A. (2004). In search of pedagogical content knowledge in science: Developing ways of articulating and documenting professional practice. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 370 Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and developing science teachers’ pedagogical content knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers. Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring pedagogical content knowledge in science teacher education. International Journal of Science Education, 30 (10), 1301 Magnusson, S., & Krajcik, J. S. (1993). Teacher Knowledge and Representation of Content in Instruction about Heat Energy and Temperature (ERIC Document No. 387313). Mulbar, Jalaluddin. 2003. Realistic Mathematics Education (RME) dan Matematika Modern (New Mathematics). Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 4 No.3. Hal 218 – 228. Ramadhan, Hammad. 2009. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Indonesia. (http ://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/ pendidikan-matematika-realistik-pmriindonesia.htm) Purnamawati, Mulbar, U., Zaki, A. 2018. PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.