Blog Pembelajaran Guru SMU Negeri 21 Medan

Tansa Trisna(1*), Hesti Fibriasari(2), Tengku Ratna Soraya(3), Nurilam Harianja(4),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dalam pembuatan produk pembelajaran berbasis blog. Potensi siswa SMU Negeri 21 Medan dibagi ke dalam 3 bidang utama, yaitu: (1) pendidikan karakter berbasis lingkungan, (2) pembelajaran bidang studi, (3) TIK. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: (1) Bidang pendidikan karakter berbasis lingkungan; sistem zonasi dalam penerimaan siswa. (2) Mata Pelajaran disajikan secara konvensional: belum menunjukan potensi guru mata pelajaran menggunakan media maupun aplikasi untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh.. Padahal jumlah guru muda relatif banyak. Oleh karena itu akan dilaksanakan pendampingan pembelajaran berbasis blog. Target luaran kegiatan pengabdian diantaranya: blog pemebelajaran dari bidang studi  dan peningkatan penerapan IT di masyarakat. Rencana kegiatan antara lain: (1) pembentukan kelompok kerja, (2) bimbingan teknis pembuatan media pembelajaran berbasis blog, (3) pendampingan penyajian blog untuk pembelajaran, (4) pendampingan pembuatan blog pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agazio, J. & Buckley, K. (2008). An untapped resource: Using YouTube in nursing education. Nurse Educator, 34(1), 23-28 Arono. 2014. Improving Students Listening Skill through Interactive Multimedia in Indonesia. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 5, No. 1, pp. 63-69, January Arsyad, Azhar . 2009. Media Pembelajaran . Jakarta : Rajawali pers Darti, Asmawati, Andi. 2017. Analyzing Students’DIificulties To ward Listening Comprehension. JurnalComprehension of English Education Department of Tarbiyah and Teaching Faculty at UIN Alauddin Makassar.. Volume 3, Number 02 december Ifeoma, M. M. (2013). Use of instructional materials and education performance of student in integrated science (a case study of Unity Schools in Jalingo, Taraba state, Nigeria). IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(4), 0711. Juvrianto, Atmowardoyo, Weda. 2018. The Use of Digital Storytelling in Teaching Listening Comprehension: An Experimental Study on the Eighth Grade Students of SMP Negeri 4 Parepare . Jurnal ELT Worldwide Vol. 5 No. 1


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.