Tari Sebagai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar

Syakhruni Syakhruni(1*), Jalil Jalil(2), Prusdianto Prusdianto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Mahasiswa PGSD Unismuh Makassar. Masalahnya adalah: (1) kurangnya wadah dalam mengekspresikan diri pada mahasiswa di PGSD Unismuh Makassar, (2) seni tari hanya digunakan dalam mengembangkan keterampilan tari, (3) kurangnya tenaga pelatih yang mengajarkan tari sesuai dengan esensinya sebagai pedidikan karakter. Metode yang digunakan adalah: (1) diskusi awal, (2) diskusi makna tarian, (3) demonstrasi dan diskusi makna, (4) orientasi unsur pendukung, (5) praktek, (6) evaluasi, dan (7) pementasan. Hasil yang dicapai adalah (1) mahasiswa PGSD Unismuh Makassar paham bahwa gerak yang dihasilkan selain menambah keterampilan gerak, melalui pemahaman maknanya juga memberikan pelajaran dalam membentuk karakter mereka sendiri, (2) membantu mahasiswa PGSD Unismuh Makassar dalam melakukan gerak tari yang bersumber dari pemahaman, sehingga gerakan-gerakan yang dihasilkan menjadi lebih dihayati.

Full Text:

PDF

References


Kusumastuti, Eny. 2009. Peningkatan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotion) Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Seni Tari. Jurnal Lembar Ilmu Kependidikan. Semarang: UNNES PRESS.

_______________. 2018. Model Pengembangan Pembelajaran Seni Tari sebagai Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. http://www.academia.edu. A. Diakses tanggal 21 Januari 2019. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Iplementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Akasara. Utomo, Udi. 2017. Musik Pendidikan. Semarang: Sendratasik Unnes.


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.