Pengajaran Passive Voice dalam Bahasa Inggris

Hasriani G.(1*), Asriati Asriati(2), Nur Aeni(3), Rahmad Risan(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra program pengabdian ini adalah siswa SMA yang berdomisili di Desa Banti, Kecamatan Baraka, Enrekang. Permasalahan mitra adalah kurangnya pengetahuan siswa mengenai perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam Bahasa Inggris sehingga mereka terus menerus melakukan kesalahan dalam menyusun atau mengungkapkan kalimat Bahasa Inggris. Luaran yang diharapkan adalah siswa memiliki pemahaman mengenai Passive Voice dalam Bahasa Inggris dan dapat membuat kalimat Bahasa Inggris dengan benar secara lisan maupun tulisan. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan terdiri dari dua metode, yaitu penyajian materi dan pemberian latihan. Hasil yang dicapai adalah peserta pelatihan (1) memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kemungkinan besar tidak berada pada level yang sama mengenai teori-teori dasar Passive Voice, (2) mampu membedakan antara kalimat aktif dan kalimat pasif beserta alasan penggunaannya, dan (3) sekitar 95 % mampu mengerjakan latihan yang sesuai dengan teori-teori tersebut dalam bentuk lisan maupun tulisan meski beberapa di antara mereka atau sekitar 5 %  terkadang masih keliru dalam menuliskan atau mengucapkan kalimat yang benar dalam bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Hasriani, G., & Nasta, M. (2019). Pengajaran noun-pronoun agreement bagi mahasiswa Business English. Dedikasi, 21(2), 144–147.

Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2019). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(4), 238–240.

Hunt, Angela C. English Use for Business Writing. California: Los Angeles County.

Webster, M. W. (Ed.). 2016. Webster's English Usage Guide. Springfield, MA: Federal Street Press.


Article Metrics

Abstract view : 575 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.