Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Barru

Hasni Hasni(1*), Andi Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih daan membimbing guru Sekolah Dasar (SD) agar terampil  dalam pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melatih guru membuat karya tulis ilmiah serta melatih guru untuk melaksanakan kegiatan penelitian sebagai upaya pengembangan profesinya. Target yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM ini adalah 20 guru di SD  di Kabupaten Barru mendapatkan pengetahuan baru dan pemahaman dalam menyusun proposal, laporan penelitian tindakan kelas (PTK) serta menghasilkan produk proposal PTK dengan variasi judul. Metode yang digunakan dalam kegitan PKM ini adalah Observasi yaitu pengabdi mendatangi langsung dan diskusi langsung dengan mitra yang selanjutnya mendalami kendala-kendala utama yang dialami mitra dalam hal ini guru-guru di Kabupaten Barru, metode ceramah dan diskusi dengan guru-guru dengan materi sekitar 35 % dan parktek 65 %, metode  demonstarsi, latihan dan praktek dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menyuruh menentukan topik, melakukan bimbingan dan pendampingan dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), metode pemberian tugas pada fase ini para peserta sasaran akan menerima transfer pengetahuan dan keterampilan dari tim pengabdi, guru-guru dibimbing untuk melaksanakan penelitian di kelas, dan metode evaluasi dan monitoring, tim pengbadi memeriksa hasil karya guru-guru dalam menulis penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bentuk draf.

Full Text:

PDF

References


Suyanto dan M.S. Abbas. 2001. Wajah dan Dinamika Pedidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adi Cita

Suyanto. 2000. Rerleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia memsuki Milinium III. Yogyakarta: Adi Cita.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.