Strategi Membaca Teks Bahasa Inggris Berbasis Topik Bisnis secara Komprehensif

Fatimah Hidayahni Amin(1*), Riny Jefri(2), Ryan Rayhana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama MGMP Bontomarannu Gowa. Masalahnya adalah: (1) pengajaran membaca teks bahasa Inggris yang monoton, (2) materi membaca yang tidak bervariasi, dan (3) rendahnya tingkat keterampilan membaca teks bahasa Inggris. Sasaran eksternal adalah model pengajaran membaca teks bahasa Inggris berbasis topik bisnis secara komprehensif yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran. Metode yang digunakan adalah: brainstorming, penyajian, konsultasi, dan refleksi. Hasil yang dicapai adalah para guru, baik sebagai pembaca maupun sebagai pengajar, mendapatkan pemahaman dan pengalaman mengenai praktek menerapkan strategi membaca teks bahasa Inggris: scanning, skimming, reading aloud, semantic mapping, dan reading and questioning berbasis topik bisnis secara komprehensif yang disesuaikan dengan tahapan kegiatan membaca dan tingkat kemampuan membaca. Di samping itu, para guru dapat membuat pemetaan atau kerangka pengajaran dan pembelajaran membaca teks bahasa Inggris secara komprehensif dengan mengintegrasikan dengan topik-topik bisnis: Planning, Managing/Organizing (How to do), Hiring/Recruiting (personal characters), Promoting, dan Marketing.


Full Text:

PDF

References


Bos, S.C. and Vaugh, S. 2009. Strategies for Teaching Students with Learning and Behaviour Problems Seventh Edition: Pearson Education. New Jersey

Brown, H.D., 2001. Teaching by Principles: An interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco State university. Cambridge International Educational, n.d.

Peregoy, Suzanne F. & Boyle, Owen F. 2017. Reading, Writing, and Learning in ESL A Resource Book for Teaching K–12 English Learners. Pearson Education, Inc.: Boston

Westwood, P., 2011. Reading and Learning Difficulties: Approaches to Teaching and Assesment. Acer Press, Australia.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.