Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Dyah Darma Andayani(1*), Fathahillah Fathahillah(2), Nurul Mukhlisah Abdal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan situasi yang tidak diharapkan dan terjadi secara menyeluruh hampir di seluruh dunia. Akibat dari situasi ini, beberapa aktifitas yang dilakukan secara berkelompok yang merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari masyarakat mengalami pembatasan. Salah satu yang terkena dampak dari keadaan ini adalah proses belajar mengajar di sekolah. Permasalahan yang timbul dalam proses ini adalah minimnya kemampuan guru dalam membangun kelas virtual yang merupakan bagian dari proses pembelajaran jarak jauh. Akibtanya proses pembelajaran yang dilakukan secara daring mengalami banyak kendala baik di pihak guru dan siswa yang berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan gambaran mengenai penerapan e-learning sebagai alternatif proses pembelajaran jarak jauh dalam masa pandemic covid-19. Responden dari kegiatan ini adalah guru-guru SMKN 7 Arungkeke Pallangtika Kabupaten Jeneponto. Model yang digunakan adalah Project based learning. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa guru-guru yang mengikuti kegiatan pelatihan telah memiliki kemampuan untuk merancang dan menerapkan e-learning dalam proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi learning management system (LMS) di masa pandemic covid-19 dengan sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Amalina, F. (2014). Teori dan Prinsip Pendidikan. Cileduk: PT. Pustaka Mandiri

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Effendi & Zhuang (2005). E-Learning : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Prakoso, K (2005). Membangun E-Learning dengan Moodle. Yogyakarta : Andi

Putranto, A. (2011). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web dengan Analisis SWOT pada Sekolah Menengah Umum. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(2), 646-661.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.

Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 24447 times | PDF view : 4215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.