PKM Penerapan Therapy Massage Sport Injury pada Cedera Engkel Atlet Gulat Sulawesi Selatan

Benny Badaru(1*), Juhanis Juhanis(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kegiatan Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan Therapy Massage Sport Injury pada cedera engkel atlet Gulat Sulawesi Selatan. Solusi yang ditawarkan adalah Pelatihan dalam penyusunan prosedur operasional standar dalam penanganan cedera olahraga engkel, Pelatihan mengenai berbagai jenis cedera olahraga, cara mendiagnosa dan pemberian penanganan berdasarkan prosedur operasional standar, Pelatihan mengenai teknik penyediaan sarana prasarana penunjang dalam penanganan cedera olahraga. Metode pelaksanaan kegiatan ini Demonstrasi (praktek) dan teori tentang penanganan cedera engkel dalam olahraga gulat. Target luaran ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, teknik therapy massage sport injury pada cedera engkel pada atlet gulat Sulawesi Selatan, sebagai Pedoman penanganan cedera olahraga yang bersifat aplikatif bagi atlet gulat, Keterampilan atlet gulat dalam memberikan penanganan cedera, Pengadaan sarana dan prasarana dalam memberikan penanganan cedera engkel pada olahraga gulat dan Prosedur tetap (protap) penanganan cedera olahraga pada atlet gulat.

Full Text:

PDF

References


Basoeki Hadi. Drs, Sulistyorini.Drs. M.Pd,2009, Sport Massage

Chang Hee Jung (KOICA), 2002. Massage Olahraga Untuk Masyarakat Umum. Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sport Massage,1980, Dit. Jen.

Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I Dip.

Linda Doeser, 1994. Massage For Common Ailmeuts. Parragon B

Astawa, Putu. 2003. Cedera Olahraga Aspek Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama. Makalah. Disampaikan Pada Pelatihan Rehabilitasi Medik Cedera Olahraga. Rumah Sakit Sanglah. Denpasar.

C.K. Giam, K.C. Teh. 1992. Ilmu Kedokteran Olahraga. Alih Bahasa: Hartono Satmoko. Jakarta. Binarupa Aksara.

Hardianto Wibowo. 1994. Pencegahan dan Penatalaksanaan Cedera Olahraga. Jakarta.

Latuheru, R. V., Saleh, M. S., Rizal, A., & Benny, B. (2019, December). PKM massage sport pada pengurus Masjid SC Ar-Riyadhoh Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 8).

EGC. James Wilson., MacDonald., Colin Fergusson. 1992. Cedera Olahraga. Alih Bahasa: Gustav Anantamuller. Penerbit ARCAN. Jakarta.

Paul M. Taylor., Diane K Taylor. 1997. Mencegah dan Mengatasi Cedera Olahraga. Alih Bahasa: Jamal Khabib. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Widana I Ketut.2003. Mekanisme Kontraksi Otot Dalam pencegahan Cedera Olahraga.Makalah. Disampaikan Pada Pelatihan Rehabilitasi Medik Cedera Olahraga. Rumah Sakit Sanglah. Denpasar


Article Metrics

Abstract view : 419 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.