PKM Pelatihan Tari Ma’latu Kopi pada Siswi SMA Negeri 8 Makassar

Bau Salawati(1*), A. Padalia(2), Nurlina Syahrir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kemitraan Masyarakat yang berjudul Pelatihan Tari Ma’latu Kopi pada Siswi SMA Negeri 8 Makassar dilaksanakan dalam rangka mengatasi keterbatasan pengetahuan dan pemahaman serta menambah perbendaharaan tentang tari bentuk kreasi daerah Sulawesi Selatan khususnya pada tari kreasi etnis Toraja. SMA Negeri 8 Makassar yang memiliki sanggar seni tari sebagai wadah/tempat siswa/siswi mengembangkan bakat. Namun selama ini, siswa hanya mengetahui tari-tari garapan yang diciptakan untuk kebutuhan lomba dan festival tari yang akan diikuti oleh siswa/siswi SMA Negeri 8 Makassar baik tingkat regional maupun nasional. Kurangnya pemahaman pengetahuan serta perbendaharaan gerak tari bentuk daerah Sulawesi Selatan yang diajarkan berharap dengan pelatihan ini dapat memberi solusi yang ada pada sekolah terutama pada siswi. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan life skill dan interactive learning dengan metode demonstrasi. Dimana kegiatan ini dapat memberi konstribusi bagi peserta atau siswi sesuai yang diharapkan, kegiatan pelatihan ini juga tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan skill (keterampilan) akan tetapi lebih kepada tertanamnya sinergitas antara siswa/siswi (peserta) dengan kebersamaan dalam bekerja kelompok melakukan gerak dan pola lantai.Tujuan dilaksanakan kegiatan Pelatihan Tari Ma’latu Kopi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan/pemahaman tentang tari daerah etnis Toraja serta menambah perbendaharaan  tari bentuk serta keterampilan dalam hal teknik gerak (wiraga), ketepatan gerak dan irama (wirama) serta rasa gerak/ekspresi (wirasa) yang baik, khususnya bagi siswi yang masih memiliki kemampuan dibawa standar  dalam hal menarikan  tari bentuk daerah Sulawesi Selatan yakni tari kreasi etnis Toraja. Luaran yang dihasilkan adalah adanya peningkatan dan perubahan pengetahuan serta keterampilan juga bertambahnya perbendaharaan gerak tari bentuk daerah Sulawesi Selatan khususnya tari kreasi etnis Toraja dengan menggunakan teknik gerak (wiraga) yang baik, ketepatan gerak dengan irama musik pengiring tari (wirama), serta rasa gerak/ekspresi (wirasa) baik secara individu maupun secara kelompok disertai dengan pola lantai dalam melakukan gerak Tari Ma’latu Kopi.


Full Text:

PDF

References


Hidajat, Robby. 2006. Seni Tari Pengetahuan Teori dan Praktik Seni Tari Bagi Guru. Malang: Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Nurhadi, Sapada, A. 1975. Tari Kreasi Baru Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: Sarana Panca Karya.

Nadjamuddin, Munasiah. 1982. Tari Tradisional Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan

Padalia, A. 2014. Seni Tari. Sulawesi Selatan

Rusliana, Iyus, dkk. 1986. Pendidikan Seni Tari untuk SMTA. Bandung: Angkasa Bandung

Wisnoe Wardhana, R.M. 1990. Pendidikan Seni Tari Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. 1988/1989: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.