Peningkatan Literasi TIK Guru Matematika melalui Pelatihan Perancangan Gim Digital Sederhana

Awi Dassa(1*), Syahrullah Asyari(2), Muhammad Husnul Khuluq(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Takalar. Program ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pengetahuan guru terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta (2) meningkatkan keterampilan guru dalam merancang gim matematika sederhana. Untuk mencapai tujuan tersebut, PKM ini dibagi ke dalam dua agenda utama, yakni: (1) pelatihan dan (2) pendampingan. Kegiatan pelatihan diselenggarakan secara daring melalui video konferensi, sementara kegiatan pendampingan dilakukan melalui WA dengan bantuan video tutorial dan buku panduan perancangan gim matematika sederhana melalui aplikasi quizizz yang telah disediakan. Melalui kegiatan ini, pengetahuan guru terkait ragam kegiatan yang dapat mereka lakukan dengan gim sederhana, khususnya aplikasi quizizz, menjadi bertambah; selanjutnya, keterampilan guru dalam merancang gim sederhana juga meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya produk-produk gim matematika yang berhasil mereka buat dengan variasi jenis soal yang lebih beragam selama kegiatan pelatihan dan pendampingan, serta dengan pengaturan gim yang lebih luwes.

Full Text:

PDF

References


Dassa, A., Khuluq, M.H., Assagaf, S.F. (2019). Exploring flipped learning in elementary linear algebra class. Journal of Physics: Conference Series, 1387.

Effendy, M. (2019). Arah Baru dalam Pengembangan Pendidikan Nasional. Slide presentation. Kemdikbud. Dipresentasikan di Universitas Negeri Malang pada tanggal 2 September 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2017). Materi Pendukung Literasi Digital Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses pada tanggal 20 Februari 2020 melalui laman https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.


Article Metrics

Abstract view : 333 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.