Penerapan Model Pembelajaran Inovatif bagi Guru SD di Kabupaten Barru

Awaluddin Muin(1*), Kamaruddin Hasan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan bersama dengan guru sekolah dasar dalam bentuk pelatihan model inovatif dalam pembelajaran di  Kabupaten Barru. Masalahnya adalah Kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan kurang variatif/inovatif.  Sasaran pengabdian adalah guru-guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah  ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan pendampingan peserta membuat perangkat pembelajaran. Hasil yang dicapai adalah; 1. Meningkatnya pemahaman dan dan wawasan bagi peserta dalam menerapkan  pembelajaran inovatif. 2.Meningkatnya keterampilan guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif

Full Text:

PDF

References


Joyce, Bruce & Weil, Marsha. (1996). Models of teaching. Boston : Library of Congress Cataloging.

Kunh,Thomas (1969). The structure of scientific revolutions. Chicago : The University of Chicago press.

Mursell, James. (1982 ). Pengajaran berhasil. Jakarta : UI.

Prihadi (2008). Inovasi Pembelajaran melalui CTL dan Lesson Study. Yogyakarta :P3AI UNY.

Pusat Kurikulum. (2002). Rigkasan Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta : Balitbang.


Article Metrics

Abstract view : 3024 times | PDF view : 762 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.