Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi

Andi Wahed(1*), Faridah Faridah(2), Irmawati Irmawati(3),

(1) Universitas Negri Makassar
(2) Universitas Negri Makassar
(3) Universitas Negri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


PKM ini bertujuan untuk membantu mahasiswa PPs Universitas Negeri Makassar dalam Penulisan Artikel Ilmiah dan Manajemen Referensi. Permasalahn yang dihadapi mitra adalah kurangnya pengetahuan menulis artikel ilmiah dengan tepat dan masih kurangnya pemahaman dalam menggunakan aplikasi manajemen referensi. Solusi yang ditawarkan adalah pemberian materi tentang strategi penulisan artikel ilmiah yang tepat, dan pemberian materi tentang penggunaan aplikasi manajemen referensi dengan mendely dan melatih mitra dalam membuat artikel dengan menggunakan manajemen referensi. Metode yang digunakan adalah metode explanatory, demonstrasi dan praktek tanya jawab. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara memberikan materi tentang strategi penulisan artikel ilmiah, dan memberikan materi tentang manajemen referensi dengan tutorial penggunaan aplikasi Mendeley. Hasil yang diperoleh dalam petihan Teknik penulisan artikel ilmiah dan manajemen referensi adalah kemampuan peserta meningkat, dari persentase 50% menjadi 85% berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Mitra telah memahami bagaimana menulis airtikel ilmiah dengan menggunakan manajemen referensi Mendeley.

Full Text:

PDF

References


Arief, I., & Handoko. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah/Panduan mendeley lengkap. In Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Elsevier, & Manual, M. (2017). Mendeley Manual for librarians. In The Electronic Library.

Habibah, S., Basri, S., & Mus, S. (2019). Manajemen referensi penulisan karya tulis ilmiah Mahasiswa STKIP-PI Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Patak, A. A. (2012). Mendeley: Citation & PDF Reference Manager Plus Social Research Network. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2131000


Article Metrics

Abstract view : 546 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.