PKM Penerapan dan Cara Membuat Herbal Sanitizer Bahan Dasar Daun Mangrove untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19

Andi Sukainah(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Husain Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


COVID-19 yang menjadi bencana internasional memberi dampak luas pada semua sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor Pendidikan. Salah satu protokol kesehatan dalam menghadapi COVID-19 adalah penggunaan handsanitizer yang berfungsi untuk menjaga kebersihan tangan agar dapat mencegah terinfeksi virus ini. Hanya saja dinamika masyarakat seringkali “mengoleksi“ sanitizer sehingga mengakibatkan barang ini menjadi langka dan mahal. Hal ini mendorong Prodi PTP UNM untuk memberikan keterampilan mengenai cara pembuatan sanitizer yang aman dan mudah sehingga masyarakat tidak terkendala dalam penyediaan sanitizer. Pengabdian kepada masyarakat tentang cara pembuatan herbal sanitizer berbahan dasar daun mangrove ini menjadi sebuah inovasi penting yang dapat diterapkan oleh semua kalangan karena bahan dan cara pembuatannya yang cukup mudah. Mitra dalam pengabdian ini adalah anggota Bhayangkari BRIMOB POLDA SULSEL. Tujuan dari kegiatan PKM ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra dan juga masyarakat luas mengenai cara pembuatan handsanitizer berbahan dasar daun mangrove. Metode yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan herbal sanitizer berbahan dasar daun mangrove dan penyebarluasannya melalui video tutorial yang dapat dan mudah diakses. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer (2) mitra memiliki keterampilan untuk membuat hand sanitizer dengan memanfaatkan ekstrak daun mangrove.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES) 2020, Riset kesehatan dasar (Rikesdas) 2013. diakses pada 02 Februari 2020 http://www.depkes.go.id/article/print/covid-19dalamangka.html

Sukainah A., Nur Anny S. Taufieq, Ratnawaty Fadilah, Reski Praja Putra, 2019. Analisis Komponen Bioaktif Ekstrak Daun Mangrove di Sulawesi Selatan Sebagai Sumber Antioksidan dan Antimikroba dalam Pengembangan Pangan Fungsional. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Nomor: 1254/PL.040/H.1/7/2019.K.

WHO., 2020. The World Health Report 2010. http://www.who.int./whr/2010/en/index.html Akses 01 Maret 2020


Article Metrics

Abstract view : 305 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.