PKM Siswa dalam Menulis Karya Ilmiah dengan Teknik Kutipan Online (Mendeley) sebagai Kompetensi Kebahasaan di SMAN 8 Pinrang

Andi Sahtiani Jahrir(1*), Asia Asia(2), Andi Fatima Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Siswa SMA Negeri 8 Pinrang. Masalahnya adalah: (1) Kutipan yang ada di karya tulis ilmiah tidak sesuai antara kajian pustaka dan daftar pstaka, begitupun sebaliknya, (2) penulisan daftar pustaka tidak konsisten pada satu style misalnya style APA, (3) Siswa belum mahir menyusun daftar pustaka dengan tepat. Metode yang digunakan adalah: ceramah, observasi, wawancara, dan pelatihan. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menyusun kutipan dengan baik dan benar, (2) mitra memiliki keterampilan menyusun daftar pustaka dengan berbagai style, (3) mitra memiliki kemampuan untuk mendapatkan referensi riset, dalam mengutip dan mensitasi dengan benar secara online maupun offline.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 116–123.

binti Ismail, N. A. (2011). Penguasaan penulisan karangan bahasa Melayu dari perspektif komunikatif. Seminar Penyelidikan, 1–12.

Hidayah, K. (2013). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tentang Perlindungan Hak Cipta Atas Karya Tulis (Studi Terhadap Mahasiswa Uin Maulana Malik Ibrahim Malang). De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 5(1).

Wazir, R., & Nasir, M. N. (2015). Penggunaan Karya-Karya Hadith di Pondok dan Pesantren: Satu Sorotan Ringkas. International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization, 442–447.

Zamidi, I., Jamia’aton Soffiah, H., & Muhammad Kasim, B. (2013). Masalah Penulisan Tinjauan Literatur: Satu Kajian ke Atas Pelajar Semester 7 di Sebuah IPG Kampus. Seminar Penyelidikan Zon Selatan.


Article Metrics

Abstract view : 413 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.