Pelatihan Pengembangan Soal-Soal HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Alimuddin Alimuddin(1*), Usman Mulbar(2), Nasrullah Nasrullah(3), Ahmad Zaki(4),

(1) Universitas Negeri Makasar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(4) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pembelajaran matematika realistik yang dilakukan secara daring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengembangan soal-soal level HOTS, (2) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan pengembangan soal-soal level HOTS dalam proses pembelajaran, dan (3) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan pengembangan soal-soal level HOTS dalam proses pembelajaran. Khalayak sasaran utama dalam kegiatan ini yaitu guru-guru sekolah TK, SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MAN diseluruh wilayah Indonesia. Wilayah lokasi mitra meliputi seluruh Indonesia karena PKM dilakukan secara daring (online) yang disebut dengan PKM-Virtual. Kegiatan pelatihan dan workshop dilaksanakan berpusat di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya pengetahuan mengenai pengembangan soal-soal level HOTS, (2) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan pengembangan soal-soal level HOTS dalam proses pembelajaran, dan (3) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan pengembangan soal-soal level HOTS dalam proses pembelajaran. Hasil lain yang diperoleh yaitu meningkatnya motivasi peserta dalam mengetahui materi pembelajaran matematika realistik dan tingginya antusiasme peserta dalam menyebarluaskan atau mendiseminasikan hasil-hasil program PKM terutama materi pengembangan soal-soal level HOTS. Luaran/output kegiatan PKM yaitu (1) meningkatnya pengetahuan peserta mengenai materi-materi kegiatan, (2) artikel ilmiah yang dipublikasi pada seminar nasional, dan (3) publikasi pelaksanaan PKM pada media online.

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Mulbar, U., Nasrullah. 2018. PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.

Apriyanto. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Students Teams – Achievement Divisions) pada Siswa Kelas VIII SMP. Tidak diterbitkan.

Arifin, Martoenoes. 2005. Filsafat Pendidikan. FIP Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Koehler, M., & Mishra, P. (2005). What happens when teachers design educational technology? The development of technological pedagogical content knowledge. Journal of Educational Computing Research, 32(2), 131

Loughran, J., Mullhall, P., & Berry, A. (2004). In search of pedagogical content knowledge in science: Developing ways of articulating and documenting professional practice. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 370

Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and developing science teachers’ pedagogical content knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring pedagogical content knowledge in science teacher education. International Journal of Science Education, 30 (10), 1301

Magnusson, S., & Krajcik, J. S. (1993). Teacher Knowledge and Representation of Content in Instruction about Heat Energy and Temperature (ERIC Document No. 387313).

Purnamawati, Mulbar, U., Zaki, A. 2018. PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar


Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.