Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SIMLP2M) Universitas Negeri Makassar

Abdul Wahid(1*), Jumadi Mabe Parenreng(2), Yasdin Yasdin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar sebagai Lembaga yang bertugas untuk mengelola penelitian dan pengabdian masyarakat dilingkup UNM terus berupaya untuk memberikan pelayanan prima dan terbaik kepada seluruh peneliti dan dosen yang ada dalam naungannya. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah dihadirkannya aplikasi Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SIMLP2M) yang mana sistem ini melakukan migrasi pengelolaan semua tugas-tugas lembaga yang awalnya manual menjadi sistem terdigitalisasi. Tugas – tugas seperti proses seleksi proposal, proses review proposal, proses approval proposal dan sistem pelaporan baik penelitian maupun pengabdian masyarkat yang awalnya masih bersifat paper based bermigrasi ke sistem paperless. Hal tersebut diharapkan agar sistem pelayanan LP2M bisa lebih efesien, efektif dari sisi waktu dan tentu saja disisi biaya. Implementasi SIMLP2M ini tentu saja akan membawa dampak yang sangat baik bagi seluruh civitas akademik UNM jika dikelola dengan baik dan professional juga oleh para staff dan administrator LP2M UNM. Targetnya adalah membekali para staff LP2M yang nantinya akan menjadi administrator dan pengelola SIMLP2M dengan (1) kemampuan dalam melakukan pengelolaan aplikasi SIMLP2M, (2) kemampuan troubleshoot jika terjadi masalah pada sistem dan juga (3) kemampuan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para user aplikasi SIMLP2M sekaitan dengan penggunaan sistem tersebut. Perlu disadari bahwa para pengguna aplikasi SIMLP2M di UNM ini tidak semua memiliki kemampuan IT sehingga diyakini akan banyak pertanyaan-pertanyaan dari mereka sekaitan dengan penggunaaan aplikasi ini. Olehnya itu untuk mengatasi masalah tersebut, dianggap perlu untuk melakukan PKM Pengelolaan Aplikasi SIMLP2M bagi calon administrator LP2M. Metode untuk mencapai target tersebut dilakukan melalui kegiatan pelatihan, pembuatan tutorial dan pendampingan bagi calon administrator aplikasi SIMLP2M. Pelatihan, pembuatan tutorial dan pendampingan difokuskan kepada pengelolaan fitur-fitur aplikasi baik dari sisi administrator, reviewer dan pengguna biasa. Pada Program ini telah dihasilkan administrator SIMLP2M yang terampil, handal dan bisa membantu menjawab pertanyaan para pengguna aplikasi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2020) Sistem Informasi. Diakses: http://id.wikipedia.org./wiki/sistem_informasi pada 19 Februari 2020.

Hamzah, H. (2016). Sistem Informasi Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. TEKNOSI Vol.2.

Handayani, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM). INFOKAM.

Prayudi, M. A., Vijaya, D. P., and Ekawati, L. P. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal Ilmiah Jurusan Akuntansi Program S1. Conference: Seminar Nasional 2nd TEAM, Bali, Vol.2.

Widaninggar, N., Kartika Sari., N (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar dan Pelaporan Keuangan KPRI “Kencana”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks e-ISSN:2528-116X, p-ISSN: 2527-5216 Vol.4 No.2 hal.102-109


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.