Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Kabupaten Barru

Abdul Saman(1*), Nur Fadhilah Umar(2), Muhammad Ilham Bakhtiar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MGBK SMA & SMK Kabupaten Barru. Masalahnya adalah (1) Masih terbatasnya pengetahuan Guru Bimbingan dan Konseling melalui penyusunan program melalui asessmen Online serta mengadministrasikannya; (2) Masih kurangnya kegiatan layanan asesmen dengan cara online menggunakan google form. Metode Kegiatan dilaksanakn dalam bentuk pelathan dengan metode Ceramah, Diskusi dan Praktek menyusun instrument online dengan aplikasi google form. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evalusi kegiatan yang diikuti 40 orang Guru Bimbingan dan Konseling tingkat SMA dan SMK se kabupaten Barru. hasil pelaksanaan kegiatan adalah : (1) kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan menyusun asessmen secara online menggunakan aplikasi google form, kemudian mengintegrasikan hasil asessmen dari google form ke AKPD POP BK, hasil angket evaluasi pelatihan menyatakan 100% guru menyatakan mendapat pengalaman baru dari penggunaan layanan asessmen online; (2) Pelatihan Asessmen online menunjukkan keberhasilan terlihat dari sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan, data evaluasi menunjukkan 85% peserta telah sangat memahami materi dengan diberikan dan 15 % cukup memahami materi yang diberikan, terdapat 95%, dapat membuat aplikasi form secara online, 90% peserta juga telah berhasil mengintegrasikan hasil penilaian online ke Aplikasi AKPD serta menyusunnya menjadi RPL. Dengan layanan asessmen online layanan berjalan dengan cepat, terutama masa Pandemik Covid 19,  kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk tetap memfasilitasi layanan BK melalui pemanfaatan media teknologi informatika.

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2016). PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39-50.

Delarosa, A. (2019, December 7). Administrasi Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling. https://doi.org/10.31227/osf.io/349dk

Imawanty, & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling Dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (pp. 129-135). Bandung: PB ABKIN.

Kennedy, A.. (2005). Models of continuing professional development: a framework for analysis [versi elektronik]. Journal of In-service Education, 31, 2

Mardiana, T., & Purnomo, A. W. (2017). Google Form sebagai alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. the 6 University Research Colloqium 2017 (pp. 183-188). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Saradewi, M. P., & Anni, C. T. (2016). Studi Evaluatif Software DCM untuk keefektifan Need Asessment Penyusunan Program. Indonesiao Journal of Guidance and Counseling: Theory and Aplication, 5(1), 6-11.

Istirahayu, I., & Mayasari, D. (2017). Identifikasi Tingkat Perkembangan Remaja Siswa SMA di Kota Singkawang pada Aspek Landasan Hidup Religius. Dalam Seminar dan Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling. Pontianak: IKI ABKIN

Prilintia, U., & Anni, C. T. (2016). Studi Deskriptif Penggunaan Software IKMS® dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(2), 1–7.

Ifdil, I., Ilyas, A., Churnia, E., Erwinda, L., Zola, N., Fadli, R. P., … Refnadi, R. (2017). Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan Menggunakan Komputer Bagi Konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 17–24.

Thompson, D. W., Loesch, L. C., & Seraphine, A. E. (2003). Development of An Instrument to Assess The Counseling Needs of Elementary School Students. Professional School Counseling, 7(1), 35–39.

Taufik, T., & Ifdil, I. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150


Article Metrics

Abstract view : 647 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.