Pengenalan Budaya Jerman bagi Calon Azubis

Abdul Kasim Achmad(1*), Syukur Saud(2), Wahyu Kurniati Asri(3), Misnawaty Usman(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Malikal Zentrum Institute. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: (1) belum tersedianya bahan belajar dan media yang khusus untuk pengajaran budaya Jerman yang terstruktur dengan baik, dan (2) kurangnya pengetahuan tentang budaya Jerman yang dapat menyebabkan culture shock saat mengikuti program Ausbildung di Jerman nantinya. Metode yang digunakan adalah Blended Learning yang terdiri atas 3 fase: (1) fase tatap muka pertama secara daring, (2) fase pengerjaan tugas melalui platform Moodle, dan (3) fase tatap muka kedua secara daring. Hasil yang dicapai adalah Mitra mendapatkan peningkatan pengetahuan mengenai budaya Jerman. Hal ini akan membantu mereka untuk mengenal Jerman dengan lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Friesen, Helen Lepp. (2015). “Surrounded by All These Contradictions“ Every Day Culture Shock in Culturally Diverse Post-Secondary Classrooms. Thesis. University of Manitoba: Winnipeg.

Ministerium für Soziales und Integration. 2010. Rahmenplan für die praktische Ausbildung in der Altenpflege in Baden-Württemberg. Stuttgart: Ministerium für Soziales und Integration Baden-Würtetemberg.

Thorne, Kaye. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.