Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Refleksi dan Translasi Berwawasan Lingkungan Berbasis Pendekatan STEAM

Luthfia Nur Insyirah Mappaturung(1*), Muhammad Darwis(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa permainan ular tangga yang dikhususkan untuk materi refleksi dan translasi berwawasan lingkungan berbasis pendekatan STEAM yang valid, praktis dan efektif yang akan membantu peserta didik untuk lebih memahami konsep materi refleksi dan translasi. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu, define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Takalar dengan mengambil subjek penelitian kelas

IX.1 sebanyak 32 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) serta instrumen lembar validasi ahli materi dan ahli media untuk mengukur aspek kevalidan, angket respon pendidik dan peserta didik untuk mengukur aspek kepraktisan, dan juga lembar tes hasil belajar untuk mengukur aspek keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki 3 kriteria yaitu: 1)valid dengan persentase sebesar 89,42% untuk kelayakan media dan sebesar 88,89% untuk kelayakan materi. 2)praktis berdasarkan angket respon pendidik dengan persentase sebesar 93,75% dan berdasarkan angket respon peserta didik praktis dengan persentase 90, 22%. 3)efektif berdasarkan tes hasil belajar peserta ddik diperoleh rata-rata nilai ketuntasan

90.15 dengan persentase sebesar 93,75%.

 

Kata kunci: Pengembangan, Berwawasan Lingkungan, STEAM.


Full Text:

PDF

References


Albab, I., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. 2014. Kemajuan Belajar Siswa pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. 3, 87094. https://doi.org/10.21831/CP.V3I3.2378.

Cheng, L., Wang, M., Chen, Y., Niu, W., Hong, M., & Zhu, Y. 2022. Design My Music Instrument: A Project-Based Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics Program on The Development of Creativity. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.763948.

Fendrik, M. 2020. Relevansi berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis teksonomi bloom dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. 7(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.29649

Jie Li, J., Luo, H., Zhao, L., Zhu, M., Ma, L., & Liao, X. 2022. Promoting STEAM Education in Primary School through Cooperative Teaching: A Design-Based Research Study. Sustainability. https://doi.org/10.3390/su141610333.

Kosta, A., Keramitsoglou, K., & Tsagarakis, K. 2022. Exploring the Effect of Environmental Programs on Primary School Pupils’ Knowledge and Connectedness Toward Nature. SAGE Open, 12. https://doi.org/10.1177/21582440221140288.

Kusumawati, H., Prihatini, A., & Azizah, Q. 2021. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa materi pelestarian lingkungan melalui pendekatan contextual teaching and learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14629.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E- Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. 2020. Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.

Miranda, Y., Sadono, A., Wijaya, N., Pangaribuan, G. M., Kalawa, E., Nurwadi, G., Marete. 2021. Kemampuan Analisis Peserta Didik Terhadap Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Lembar Kerja Inovatif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12, 234-243. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i2.140.

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. 2019. Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285.

Nurulaeni, F., Rahma, A. 2022. Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.22021/pacu.v2i1.241.

Rahmah, F., Muhsetyo, G., & Irawati, S. 2019. Student Mathematical Representation Ability with Reflective Cognitive Style in Solving Geometric Problems. Jurnal Pendidikan Sains, 7, 132-138. https://doi.org/10.17977/JPS.V7I4.12892.

Rahmawati, D., , P., , S., Hidayanto, E., & Anwar, R. 2017. Process of Mathematical Representation Translation from Verbal into Graphic. International Electronic Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.29333/iejme/618.

Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. 2020. Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133-140.

Pribadi, S. 2023. Penerapan Metode Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Konsep Translasi dan Refleksi Terhadap Matriks Transformasinya. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1842.

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. 2013. Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4), 1–10.

Quigley, C., & Herro, D. 2016. Finding the Joy in the Unknown: Implementation of STEAM Teaching Practices in Middle School Science and Math Classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25, 410-426. https://doi.org/10.1007/S10956-016-9602-Z

Quigley, C., Herro, D., & Jamil, F. 2017. Developing a Conceptual Model of STEAM Teaching Practices. School Science and Mathematics, 117, 1-12. https://doi.org/10.1111/SSM.12201.

Santos-Pastor, M., Ruiz-Montero, P., Chiva-Bartoll, Ó., Baena-Extremera, A., & Martínez-Muñoz, L. 2022. Environmental Education in Initial Training: Effects of a Physical Activities and Sports in the Natural Environment Program for Sustainable Development. Frontiers in Psychology, 13.

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.867899.

Schmäing, T., & Grotjohann, N. 2022. Environmental education in teaching science on the Wadden Sea ecosystem: What are the effects on environmental psychological constructs?. Environmental Education Research, 29, 232 - 247. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2102584.

Setiyadi, E. B., Kristiana, A. I., Dafik, D., Adawiyah, R., Prihandini, R. M., & Ridlo, Z. R. 2023. Aktivitas Pembelajaran RBL dengan Pendekatan STEAM: Pemanfaatan Sampah Plastik dalam Pembuatan Karya Seni Mozaik dengan Model Bangun Datar untuk Meningkatkan Literasi Perubahan Iklim Siswa. Ebook CGANT Universitas Jember.

Syafrudin, T., & Sujarwo, S. 2019. Pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran matematika bagi siswa tunarungu. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 87-94.

Taufiq, M., Dewi, N., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3, 122575. https://doi.org/10.15294/JPII.V3I2.3113.

Thoyibah, F., Kristiana, A. I., Dafik, D., Adawiyah, R., Prihandini, R. M., & Ridlo, Z. R. 2023. Kerangka Aktivitas Research Based Learning dengan Pendekatan STEAM: Pemanfaatan Kardus Bekas untuk Mendesain Miniatur Rumah dengan Menggunakan Konsep Bangun Ruang Sisi Datar dalam Upaya Meningkatkan Literasi Perubahan Iklim Siswa. Ebook CGANT Universitas Jember.

Wasilah, W., Iltavia, I., & Amelia, M. 2023. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi di Kelas XI MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 177-189.

Wardani, I. U., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. 2023. Systematic Literature Review Etnomatematika: Pendidikan Matematika pada Kearifan Lokal Sasak. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2845-2858. Retrieved from http://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/688

Widianto, E. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.

Jurnal of Education and Teaching, 2, 2. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter Melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59-70.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.