Tren Penelitian Miskonsepsi Matematika di Jurnal-Jurnal Berbahasa Indonesia Tahun 2019-2023: Review Tahap Awal
(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian tentang miskonsepsi matematika telah banyak dilakukan sehingga layak dilakukan review yang sistematis terhadap tren penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan tahap awal penelitian review yang sistematis (atau Systematically Literature Review), yaitu bertujuan untuk mengetahui jumlah artikel penelitian yang membahas miskonsepsi matematika di jurnal-jurnal berbahasa Indonesia kurun waktu 2019-2023. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses) dengan basis data Dimensions. Langkah- langkah dalam PRISMA dibagi atas beberapa proses yaitu identifikasi (identification)
,penyaringan (screening), kelayakan (eglibility) dan termasuk (included). Langkah Identifikasi (Identication) dengan menggunakan database online Dimensions dengan pencarian menggunakan kata kunci “analisis miskonsepsi matematika” yang dilakukan sejak tahun 2019-2023 menghasilkan sebanyak 88 artikel. selanjutnya langkah penyaringan (Screening), dilakukan dengan menentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan yaitu berbahasa Indonesia sebanyak 84 artikel. Langkah kelayakan (Eligibility) pada langkah ini dilakukan pengecekan kelayakan sesuai kriteria miskonsepsi matematika sehingga terdapat 64 artikel yang mendukung, selanjutnya dilakukan pengecekan kembali dengan kriteria full teks terdapat 47 artikel (included). Dengan demikian jumlah artikel yang akan direview kontennya adalah 47 artikel.
Kata Kunci: Review, Miskonsepsi, Artikel, Jurnal
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A. 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. 5(2).
Aprilyada, G., Zidan, M. A., Ainunisa, R. A., & Winarti, W. 2023. Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. 1(2).
Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. n.d. Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Darmawati, D. 2023. Analisis Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Semester I Prodi Pendidikan Jasmani Unimerz Tahun 2022. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 3937–3946. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i10.5239
Desmaniar, I. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil.
Efendy, A. 2021. Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1070
Fitria, A. 2014. Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty of Response Index (Cri) di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 45. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.50
Hariati, I. N., Khotimah, N., & Khoiriyah, S. 2023. Systematic Literature Review (Slr): Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa. 3(1).
Hasibuan, K. R., Rubino, R., & Mailin, M. 2022. Pesan Komunikasi Islam dalam Tradisi Bondang dan Implikasinya terhadap Keagamaan Masyarakat Muslim di Kabupaten Asahan. PERSPEKTIF, 11(4), 1582–1596. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.8122
Herawati, H. 2020. Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.
Hrp, Nurlina Ariani, et al. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. 2022. Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Kirom, A. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. 3.
Mekarisce, A. A. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nilamsari, N. 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., Nur, M. D., & Tirtayasa, U. S. A. 2021. Analisis Kurikulum
07.
Nusantari, E. n.d. Jenis Miskonsepsi Genetika yang Ditemukan pada Buku Ajar di Sekolah Menengah Atas.
Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. 3(2).
Pinardi, J., Azahari, A. R., & Basuki, B. 2022. Students’ Misconception on Mixed Arithmetic Operations in SDN 8 Pahandut Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 22(2), 87–97. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3843
Rachmawaty M. Noer, N. M. K. 2022. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=ZGBZEAAAQBAJ
Ramadhani, N. S. & Usiono. 2023. Systematic Literature Review: Revolusi Pancasila dalam Globalisasi di Era Industri. Jurnal Basicedu, 7(5), 3337–3346. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6297
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. 2023. Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. 2022. Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–60. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1064
Ridho, M. H., & Juandi, D. 2023. Systematic literature review: Identification of misconceptions in mathematics learning. Jurnal Math Educator Nusantara:
Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 77– 94. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19918
Rodin, R., Retnowati, D. A., & Sasmita, Y. P. 2021. Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi pada Perpustakaan Ceria SMA N 1 Rejang Lebong). THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20414/light.v1i1.4352
Rohmah, A. N. 2017. Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar).
Sastypratiwi, H., & Nyoto, R. D. 2020. Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 6(2), 250. https://doi.org/10.26418/jp.v6i2.40914
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. 2020. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560
Simamora, S. C., Gaffar, V., & Arief, M. 2024. Systematic Literatur Review Dengan Metode Prisma: Dampak Teknologi Blockchain Terhadap Periklanan Digital. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 14(1), 1-11.
Soulisa, I., & Fanggi, I. E. 2023. Analisis Sosiologi Sastra Terhadap Legenda Batu Termanu Di Desa Termanu Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao. 6(2). Swastika, G. L. D., Tjondro, J., & Josephine, C. 2022. Tren Shopee Haul dalam Platform
TikTok: Sebuah Tinjauan Budaya Pop dan Tontonan.
Article Metrics
Abstract view : 12 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.