Analisis Butir Soal Penilaian Calon Guru Matematika Terhadap Multiple Solution Methods

Najlarafah Is Laisa(1*), Safrudiannur Safrudiannur(2),

(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal-soal kuesioner mengenai penilaian calon guru matematika terhadap jawaban Multiple Solution Methods (MSM) khusus materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Metode penelitian adalah metode survei, yaitu penyebaran kuesioner penelitian dengan responden sebanyak 30 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Mulawarman. Pada penelitian ini terdapat 4 butir soal MSM dengan masing-masing soal terdiri dari 3 jawaban yang caranya berbeda-beda (multiple solution methods) tetapi semuanya benar. Ketiga cara menjawab tersebut yaitu cara yang diajarkan dalam materi SPLDV (cara A), cara yang tidak diajarkan dalam materi SPLDV tetapi diajarkan dalam materi lain (cara B), dan cara menggunakan strategi heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua butir valid dan memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis statistik yang dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson diperoleh nilai untuk soal 1 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,636, 0,689 dan 0,807; soal 2 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,618, 0,771, dan 0,773; soal 3 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,614, 0,803, dan 0,782; soal 4 jawaban A, B, dan C berturut-turut 0,586, 0,856, dan 0,808. Karena seluruh  (0,463), maka dapat disimpulkan masing-masing butir soal valid. Adapun reliabilitas kuesioner dihitung menggunakan Spearman Brown diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,957 maka dapat disimpulkan bahwa kuesioner pada penelitian ini memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Analisis Butir, Penilaian, Multiple Solution Tasks, Multiple Solution Methods


Full Text:

PDF

References


Anggraeny, D. B. & Siswono, E. 2012. Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Multiple Solution Task (MST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(3).

Arikan, E. E. 2016. Prospective Teachers’ Beliefs about Problem Solving in Multiple Ways. Universal Journal of Educational Research, 4(7), 1721–1727. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040727

Bingolbali, E. 2011. Multiple Solutions to Problems in Mathematics Teaching: Do Teachers Really Value Them. Australian Journal of Teacher Education, 36(10), 35–52. https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n1.2

Bingolbali, E. 2019. An analysis of questions with multiple solution methods and multiple outcomes in mathematics textbooks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(5), 669–687. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1606949

Cai, J. 1995. A Cognitive Analysis of U. S. and Chinese Students’ Mathematical Performance on Tasks Involving Computation, Simple Problem Solving, and Complex Problem Solving. Journal for Research in Mathematics Education. Monograph, 7, i–151. https://doi.org/10.2307/749940

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. 2022. Penyelesaian Pemecahan Masalah pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16.

Evans, S., & Swan, M. 2014. Developing students’ strategies for problem solving: the role of pre-designed Sample Student Work. http://map.mathshell.org.uk/materials/index.php.

Große, C. S. 2022. Multiple solutions in dyads or alone – Fostering the acquisition of modeling competencies in mathematics. Learning and Instruction, 82. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2022.101683

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika (1st ed.). Yogyakarta: Tugu Publisher.

Herman, T. 2000. Strategi Pemecahan Masalah (Problem-Solving) Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: LPM Institut Teknologi Bandung.

Kristanto, Y. D., Taqiyuddin, M., Yulfiana, E., & Rukmana, I. 2022. Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id

Kukuh. 2011. Penyusunan Tes Hasil Belajar dan Analisis Butir Soal. Kementerian Pendidikan Nasional. Universitas Mulawarman FKIP Universitas Mulawarman.

Leikin, R., & Levav-Waynberg, A. 2008. Solution Spaces of Multiple-Solution Connecting Tasks as a Mirror of the Development of Mathematics Teachers’ Knowledge. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 8(3), 233–251. https://doi.org/10.1080/14926150802304464

Mairing, J. 2018. Pemecahan Masalah Matematika (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Murairwa, S. 2015. Voluntary Sampling Design. 4(2). https://www.researchgate.net/publication/340000298

Mutia. 2021. Strategi Pemecahan Masalah Heuristik: Sebuah Metode untuk Merepresentasikan Masalah Matematika dalam Pembelajaran Matematika. In Academic Journal of Math, 3(2). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index

Pramudjono. 2013. Statistika Dasar. Samarinda: Purry Kencana Mandiri.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.671-678

Roebyanto, G., & S.H. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung Barat: PT Remaja Rosdakarya.

Safrudiannur, & Rott, B. 2020. Measuring Teachers’ Beliefs: A Comparison of Three Different Approaches. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.29333/ejmste/110058

Schukajlow, S., & Krug, A. 2014. Do multiple solutions matter? Prompting multiple solutions, interest, competence, and autonomy. Journal for Research in Mathematics Education, 45(4), 497–533. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.4.0497.

Sickafus, E. 2004. Heuristics for Solving Technical Problems-Theory Derivation Application.

Siswono, T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (1st ed.). Bandung Barat: PT Remaja Rosdakarya.

Steele, M. D., & Rogers, K. C. 2012. Relationships Between Mathematical Knowledge for Teaching and Teaching Practice: The Case of Proof. Journal of Mathematics Teacher Education, 15(2), 159–180.

Stupel, M., & Ben-Chaim, D. 2017. Using multiple solutions to mathematical problems to develop pedagogical and mathematical thinking: A case study in a teacher education program. Investigations in Mathematics Learning, 9(2), 86–108. https://doi.org/10.1080/19477503.2017.1283179

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. 2019. Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, & Anugraheni, I. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Wulandari, A. D. 2016. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Felicha

Yunaidah, S. 2017. Korelasi Kinerja Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa PAI SD Negeri Se-Kecamatan Basarang Kabupaten Kuala Kapus. Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari.

Yusof, A. A., Hamid, N. H. A., & Othman, Z. S. 2021. The effects of a multiple solution method in mathematics learning for secondary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1988(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1988/1/012048

Zaslavsky, O. 1995. Open-ended Tasks as A Trigger for Mathematics Teachers’ Professional Development. For Learn Math, 15(3), 15–20.


Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.