Studi Kasus Kemampuan Penalaran Statistis Materi Ukuran Tendensi Sentral

Adi Ihsan Imami(1*), Wardono Wardono(2), Bambang Eko Susilo(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran statistis pada materi ukuran tendensi sentral. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru di salah satu Kabupaten Karawang yang sudah mendapat mata kuliah statistika dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, rencana penelitian dalam sebuah studi kasus mencakup langkah-langkah seperti pengumpulan data, eksplorasi, analisis, serta evaluasi data. Intrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian  sebanyak dua soal, setiap soal merujuk pada tahapan penalaran statistis yang meliputi:  1) tahap memahami 2) tahap merencanakan dan melaksanakan 3) tahap evaluasi dan interpretasi. Hasil jawaban siswa dianalisis dan dikelompokkan ke dalam kategori: tinggi, sedang, rendah, mahasiswa yang memperoleh kategori rendah dikarenakan mahasiswa belum mampu memahami konsep dasar dari masalah sehingga kesulitan dalam tahap selanjutnya yaitu merencanakan melaksanan dan evaluasi interpretasi.

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Statistis, Studi Kasus, Statistika Dasar, Ukuran Tendensi Sentral


Full Text:

PDF

References


Alkas Ulusoy, C., & Kayhan Altay, M. 2016. Analyzing the Statistical Reasoning Levels of Pre-Service Elementary School Teachers in the Context of a Model Eliciting Activity. International Journal of Research in Education and Science, 3(25311), 20–30. https://doi.org/10.21890/IJRES.267363

Ambarwati, M., & Pratiwi, F. A. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Kategori Nilai Rendah dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Pokok Bahasan Ukuran Tendensi Sentral, Ukuran Dispersi, dan Ukuran Letak. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 22(1), 30–37.

Chervany Jr., N. L., Collier, R. O., Fienberg, S. E., Johnson, P. E., & Neter, J. 1977. A Framework for the Development of Measurement Instruments for Evaluating the Introductory Statistics Course. The American Statistician, 31(1), 17–23. https://doi.org/10.1080/00031305.1977.10479186

Chervany, N. L., Benson, P. G., & Iyer, R. K. 1980. The Planning Stage in Statistical Reasoning. The American Statistician, 34(4), 222–226. https://doi.org/10.1080/00031305.1980.10483032

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Gómez-Blancarte, A. L., Chávez, R. R., & Aguilar, R. D. C. 2021. A Survey of the Teaching of Statistical Literacy, Reasoning and Thinking: Teachers’ Classroom Practice in Mexican High School Education. Statistics Education Research Journal. https://doi.org/10.52041/serj.v20i2.397

Karatoprak, R., Akar, G., of, B. B.-I. E. J., & 2015, undefined. 2015. Prospective elementary and secondary school mathematics teachers’ statistical reasoning. Iejee.ComR Karatoprak, GK Akar, B BörkanInternational Electronic Journal of Elementary Education, 2015•iejee.Com, 7(2), 107–124. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/69

Listiati, L. 2022. Sejarah Statistika: Manfaat Pembelajaran Sejarah Statistika di Era Modern. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 71–78. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.545

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. 2019. Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Maryati, I., Series, N. P.-J. of P. C.,. 2018. Analysis of statistical misconception in terms of statistical reasoning. Iopscience.Iop.OrgI Maryati, N PriatnaJournal of Physics: Conference Series, 2018•iopscience.Iop.Org, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012206

Mertler, C. A. 2011. Action Research, Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pfannkuch, M., & Ben-Zvi, D. 2011. Developing Teachers’ Statistical Thinking (pp. 323–333). https://doi.org/10.1007/978-94-007-1131-0_31

Sariningsih, R., Herdiman, I., Pendidikan Matematika, J., & Siliwangi Bandung Jalan Sudirman No, I. 2017. Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239–246. https://doi.org/10.21831/JRPM.V4I2.16685

Subekti, F. E., & Jazuli, A. 2022. Pengembangan Modul Statistika Deskriptif Berbasis Penalaran Statistik. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1688

Sutrisno, S., & Murtianto, Y. H. 2016. Miskonsepsi Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Deskriptif Materi Ukuran Tendensi Sentral, Ukuran Dispersi, dan Ukuran Letak. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1).

Yusuf, Y., Suyitno, H., Sukestiyarno, Y. L., & Isnarto. 2019. The Influence of Statistical Anxiety on Statistic Reasoning of Pre-service Mathematics Teachers. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 33(64), 694–706. https://doi.org/10.1590/1980-4415v33n64a12


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.