Pembelajaran Tari Jaran Teji pada Mata Kuliah Tari Nusantara di Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian dengan judul Pembelajaran Tari Jaran Teji pada MK Tari Nusantara di Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM, direncanakan berdasar hasil observasi awal didapat fenomena akan kebutuhan akan desain pembelajaran yang menyenangkan dan mengembangkan pengalaman estetis pada pelaksanaan mata kuliah Tari Nusantara di lingkungan Jurusan Seni Pertunjukan. Maka dari itu masalah penelitian difokuskan pada : (1) Bagaimana desain pembelajaran Pembelajaran Tari Jaran Teji pada MK Tari Nusantara dalam di Program Studi Pendidikan Sendratasik di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM dan (2) Bagaimana kevalidan desain pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan seni drama, tari, musik di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Metode penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian adalah R&D, menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang pada penelitian ini diniatkan hanya sampai pada tahap design. Hasil penelitian: Kebutuhan akan keberadaan materi ajar pada MK Tari Nusantara mendesak diujudkan, karena menyesuaikan kurikulum yang berdampak pada karakteristik serta kebutuhan pengetahuan pembelajar akan wawasan kenusantaraan. Sebagai salah satu sumber belajar pada mata kuliah Tari Nusantara ini membantu mahasiswa dalam proses belajar, selain juga membantu dosen pengampu dalam proses pembelajaran. Kevalidan rancangan materi ajar pada MK Tari Nusantara dilakukan dengan metode validasi internal.
Kata Kunci: perancangan, materi ajar, tari nusantara
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Hainur Rasid.1996. Telaah Kurikulum Fisika SMU Model Pembelajaran Konsep dengan LKS. Surabaya:University Press.
Arikunto, dan Abdul Jabar, 2010.Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasisiwa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Ahzar. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta
Bandem, I Made. 1999. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Borg, R dan Meredith, D. 1983.Educatioan Research: An Introduction, New York dan London: Logman .www.ugr.uaeu.ac.ae/
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni
Depdiknas.2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas.Jakarta :Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Ghony, M. Junaidi & Almanshur Fauzan. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Gibbons, 2011.Contexs of Intructional Design.The Journal for Applied Intructional Design Volume 1 Issue 1 April 2011. Http:www.jaid.org. Diaksses 22 Desember 2011
Hutchinson, Ann. 1970. Labanotation or Kinetography Laban. New York: A Teater Arts Book
Kusumaningrum, Sih. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X”. Tesis. Pascasarja UNY
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2009.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murgiyanto,Sal. 1984. Koreografi untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Depdikbud
Salam. 1991. Pengembangan Paket Pengajaran: Suatu Alternatif Penulisan Thesis Mahasiswa Jurusan Seni Rupa dan Kerajinan FPBS IKIP Ujung Pandang. Artikel dalam Jurnal Pinisi Vol. 1 No. 1 Februari.
Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.
Sekolah Dasar.Jakarta : Depdiknas, 2001.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
---------- 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sumaryono & Endo Suanda. 1996. Tari Tontonan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY
Article Metrics
Abstract view : 37 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.