Pengembangan Modul Project Based Learning Mata Kuliah Sistem Sensor dan Tranduser
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengembangan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser (2) Mengetahui uji kelayakan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser dan (3) Mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan tahapan model pengembangan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk). Hasil penelitian berupa modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser terdiri dari 9 unit/bagian modul. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa di Prodi D4 Teknik Elektronika yang telah memprogram Mata Kuliah Sistem Sensor dan Transduser. Tingkat kelayakan Modul ditentukan oleh validator atau ahli sesuai dengan penilaian yang diberikan pada angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi yaitu dengan persentase kelayakan 85% dan dinyatakan masuk dalam kategor Layak/Valid, (2) Hasil uji kelayakan media oleh ahli media yaitu dengan persentase kelayakan 93% dan dinyakan dalam kategori sangat Layak, dan (3) Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 35.25 sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Modul, Project Based Learning, Sistem Sensor dan Transduser
Full Text:
PDFReferences
Amirudin, A. d. (2015). Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 20. No.1. Daryanto, 2014
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia
Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Railsback, J. (2002). roject-BasicLearning: Creating Excitemen for Learning. Northwest Regional Educational Laboratory
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development for. Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. ERIC
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.