Pengembangan Modul Project Based Learning Mata Kuliah Sistem Sensor dan Tranduser

Faisal Najamuddin(1*), Retyana Wahrini(2), Sutarsi Suhaeb(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengembangan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser (2) Mengetahui uji kelayakan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser dan (3) Mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan tahapan model pengembangan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk). Hasil penelitian berupa modul project based learnig pada mata kuliah sistem sensor dan transduser terdiri dari 9 unit/bagian modul. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa di Prodi D4 Teknik Elektronika  yang telah memprogram Mata Kuliah Sistem Sensor dan Transduser. Tingkat kelayakan Modul ditentukan oleh validator atau ahli sesuai dengan penilaian yang diberikan pada angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi yaitu dengan persentase kelayakan 85% dan dinyatakan masuk dalam kategor Layak/Valid, (2) Hasil uji kelayakan media oleh ahli media yaitu dengan persentase kelayakan 93% dan dinyakan dalam kategori sangat Layak, dan  (3) Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 35.25 sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

 

Kata Kunci: Modul, Project Based Learning, Sistem Sensor dan Transduser

Full Text:

PDF

References


Amirudin, A. d. (2015). Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 20. No.1. Daryanto, 2014

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Railsback, J. (2002). roject-BasicLearning: Creating Excitemen for Learning. Northwest Regional Educational Laboratory

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development for. Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. ERIC

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.