Peningkatan Kinerja Auditor Berbasis Teknologi Informasi

Masnawaty Sangkala(1*), Hajrah Hamzah(2), Andi Muhammad Ismail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Tujuaan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan kinerja auditor di Kantor Akuntan Publik di Kota Makassar. Variabel bebas peneitian ini adalah penggunaan tehnoligi informasi yang diukur dengan perceived usefulness dan perceived ease of use. Variabel terikat adalah kinerja auditor yang diukur dengan kualitas pekerjaan, kuantitas pekerjaan, dan ketepatan waktu. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 70 orang auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Makassar. Sampel pada penelitisejumlah 36 orang dan menggunakan metode convenience sampling yaitu auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Makassar. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor.

Kata Kunci: Penggunaan Teknologi Informasi, Kinerja Auditor

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2011). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Akmal dan Hadi. (2009). EDP Audit:Teknik Audit Berbantuan Komputer. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ardiani, L. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TBP) di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Arfan, M. (2010). Pengaruh Kepuasan Kerja, Profesionalisme, dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Auditor. Skripsi. Aceh: Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Erlangga.

Davis, F. & Venkatesh, V. (1996). A critical assessment of potentitial measurement biases in the Technology Acceptance Model: three experiments. Int J. Human: Computer Studies.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, A. (2004). Auditing dan Sistem Informasi (Isu-Isu Dampak Teknologi Informasi). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hery. (2016). Audit dan Asurans:Pemerikasaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Jakarta: Grasindo.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2001). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2011). Standar Profesional Akuntan Publik Per 1 Maret 2011. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kartika. (2011). Pengaruh Penerapan Audit Sistem Informasi Terhadap Kinerja Auditor Dengan Teknologi Informasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mangkunegara, A. A. dan Anwar, P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Moeheriono, (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mathis, R. L. dan Jackson, J. H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

O’Brien, J. A dan Marakas, G. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

PPPK. (17 November 2017). ATLAS, Panduan Kertas Kerja Audit Berbasis Risiko Hasil Kerja Sama PPPK dan IAPI. Dipetik 21 Juni 2018, dari pppk. kemenkeu. go. Id/ News/Details/110.

Rengganis, F. D. (2015). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Auditor. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Reflika Aditama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.

Wicaksana, Y. C. (2014). Pengukuran

Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Audit dan Persepsi Kegunaan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dipenogoro.


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.