Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Jeruk Pamelo Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep

Marhawati Marhawati(1*), Sri Astuti(2), Muhammad Rakib(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jeruk pamelo merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Pangkep, namun demikian masalah dalam pemasaran adalah  daya tawar petani yang rendah akibat kurangnya pengetahuan petani tentang informasi pasar.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja pemasaran jeruk pamelo di Kabupaten Pangkep. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purpossive sampling yaitu Kecamatan Ma’rang yang menjadi sentra produksi jeruk pamelo. Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis struktur pasar yang dianalisis dengan melihat jumlah lembaga pemasaran yang terlibat, sifat produk, sumber informasi dan hambatan keluar masuk pasar, serta perilaku pasar dan kinerja pasar yang dianalisis dengan farmer share dan marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran jeruk pamelo memiliki lima saluran pemasaran, struktur pasar untuk pedagang pengumpul dan pedagang besar cenderung oligopsoni.  Pasar untuk pedagang pengecer bersifat persaingan murni. Total marjin yang paling besar terdapat pada saluran III (petani-pedagang pengumpul -pedagang distributor) yaitu sebesar Rp 10.300,-.  Nilai marjin pemasaran yang terkecil terdapat pada saluran IV (petani- pedagang pengumpul- pedagang antar kabupaten) yaitu Rp 7.000,- dengan nilai farmer share sebesar 35 persen, ini menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran IV.

 

Kata Kunci: Jeruk Pamelo, Struktur, Perilaku, Kinerja, Pasar

Full Text:

PDF

References


Dahll DC, Hammond JW. 1977. Market and Price Analysis. Mc. Graw Hill, New York.

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pangkep, (2015). Selayang pandang komoditi andalan jeruk besar pamelo. Dinas tanaman pangan dan Peternakan Kabupaten Pangkep.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20130710/99/149975/buah-lokal-pamelo-jeruk-asli-indonesia-yang-terabaikan.Diakses pada tanggal 15 juli 2019.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Tumpeng gizi seimbang.http://gizi.depkes.go.id/download/pedomangizi/PGSok.pdf. Diakses 20 Juli 2019.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta: Prentince Hall Indonesia.

Kohls RI, Uhl JN. (2002). Marketing of Agricultural Products. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Marhawati. 2019. Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahtani Jeruk Pamelo Di Kabupaten Pangkep. JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan volume 2 nomor 2, halaman 39-44.

Rumallang Ardi, Jumiati, Akbar , (2019). Analisa Perilaku, Struktur dan Kinerja Pemasaran Kentang di Desa Erelembang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Jurnal Agri kultura, 30 (3) : 83-90.ISSN 0853-2885

Soekartawi,1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.