Keefektifan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di SMA Negeri 5 Kota Ternate
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Fluida Dinamis di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang sesungguhnya (true-experimental design) dengan desain randomized Control-Group pretest-posttest design. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda (Multiple Choice) sebanyak 26 butir soal dengan skor maksimum 26. Data nilai tes berupa gain (selisih) antara nilai pretest dan posttest. Kedua data gain dianalisis dengan uji Anova satu jalur (one wayanova). Ternyata terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen pertama (X 1 ), kelas eksperimen ke-dua (X 2 ) serta kelas kontrol (X 3 ) yang masing-masing memiliki persentase sebesar 49,14 %, 44,88 % dan 40,60 %.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 91 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.