Analisis Gaya Kognitif Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Fisika di SMA Negeri 3 Maros

Andi Amalya Putri(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitaif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Maros ditinjau dari gaya kognitif psikologi dan gaya kognitif konseptual tempo. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 130 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 44 orang untuk gaya kognitif psikologi yang yang terbagi atas 22 orang untuk field dependent dan 22 orang. Sampel penelitian untuk gaya kognitif konseptual tempo berjumlah 68 orang. Reflektif, impulsif, fast accurate dan slow inaccurate masing-masing berjumlah 17 orang. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan gaya kognitif field dependent memiliki kemamampuan pemecahan masalah fisika dalam kategori tinggi dengan rerata skor 55,18 dan gaya kognitif field independent memiliki kemamampuan pemecahan masalah fisika dalam kategori tinggi dengan rerata skor 62,55. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo Kelas XI SMA Negeri 3 Maros. Gaya kognitif Reflektif memiliki kemamampuan pemecahan masalah fisika dalam kategori tinggi dengan rerata skor 57,70. Impulsif dalam kategori sedang dengan rerata skor 36,05. Fast Accurate dalam kategori tinggi dengan rerata skor 53,82. Slow Inaccurate dalam kategori rendah dengan rerata skor 26,18


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.