Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Minat Belajar Fisika, Kepercayaan Diri, dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa

Nur Azizah Darwis(1*), Muhammad Sidin Ali(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat korelasional dengan menggunakan statistik inferensial yaitu regresi sederhana dan korelasi sederhana, regresi ganda dan korelasi ganda, serta korelasi parsial. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu:1) bagaimanakah gambaran minat belajar fisika, kepercayaan diri, kecerdasan emosional, dan kemampuan berpikir kritis; 2) apakah terdapat hubungan antara minat belajar fisika dengan kemampuan berpikir kritis; 3) apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis; 4) apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis; 5) apakah terdapat hubungan antara minat belajar fisika, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis; 6) apakah terdapat hubungan minat belajar fisika dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional; 7) apakah terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan minat belajar fisika dan kecerdasan emosional; 8) apakah terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan minat belajar fisika dan kepercayaaan diri peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa, dan sampel dipilih secara Multistage Random Sampling. Hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa minat belajar fisika berada dalam kategori tinggi; kepercayaan diri berada dalam kategori tinggi; kecerdasan emosional berada dalam kategori tinggi; dan kemampuan berpikir kritis fisika berada dalam kategori sedang. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar fisika dengan kemampuan berpikir kritis; kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis; kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis; minat belajar, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis; minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional; kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan minat belajar dan kecerdasan emosional; kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis jika mengendalikan minat belajar dan kepercayaan diri.

Kata kunci: berpikir kritis, minat, kepercayaan diri, kecerdasan emosional

This research is a survey research that involves correlational using inferential statistics that is simple and simple regression, multiple regression and multiple conversion, and partial conversion. The problem in this research is: 1) regarding the ability to learn physics, self-intelligence, emotional intelligence, and critical thinking skills; 2) whether it has something to do with the interest in learning physics with the ability to think critically; 3) is there a relationship between self-confidence and critical thinking skills; 4) Is there a relationship between emotional intelligence with the ability to think critically; 5) is there a relationship between interest in learning physics, self-confidence, and emotional intelligence with critical thinking skills; 6) whether it has something to do with the interest in learning physics with the ability to think critically if it supports self-confidence and emotional intelligence; 7) whether it has something to do with confidence with the ability to think critically if it controls the interest in learning physics and emotional intelligence; 8) Is there anything to do with emotional intelligence with the ability to think critically if it has to do with physics and student confidence in class X MIA SMA Negeri 1 Gowa. The population in this study were all students of class X MIA SMAN 1 Gowa, and the sample was selected by Multistage Random Sampling. Descriptive analysis results obtained from the interest in learning physics are in the high category; Confidence is in the high category; emotional intelligence is in the high category; and critical thinking skills. Inferential analysis that shows a positive and significant relationship between interest in learning physics with critical thinking skills; confidence with critical thinking skills; emotional intelligence with critical thinking skills; interest in learning, confidence, and emotional intelligence with critical thinking skills; interest in learning with critical intelligence when controlling self confidence and emotional intelligence; Confidence with the ability to think critically when controlling interest in learning and intelligence; emotional intelligence with the ability to think critically when controlling interest in learning and self-confidence.

Keywords: critical thinking, interests, self confidence, emotional intelligence


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 40 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud

Barun, E. M. 2017. Hubungan Minat dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA dan X pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Galang. Tesis. Medan: PPs Universitas Negeri Medan. Hal. 56

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. 2018. Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. (Online), Jurnal Edumatica. Vol. 8, No. 1. Hal. 65

Aryantika, R., Rustono, & Hamdu, G. 2013. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. (Online), Vol. 1, No. 2. Hal. 35

Nadhifatun, Y. & Supriadi, B. 2018. Analisis Korelasi Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika dengan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Vol.3 No.1. Hal. 3

Astuti, S. P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, (Online), Vol. 5, No.1.Hal. 71

Martyanti, A. 2013. Membangun Self-Confidence Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika UNY. Hal 17

Siska, Sudardjo, & Purnamaningsih, E., H. 2003. Kepercayaaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Manusia. (Online), Jurnal Psikologi. Vol. 2 No. 2, 2016. (https://jurnal.ugm.ac.id/., Diakses 19 September 2019). Hal. 70

Thaib, E. N. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktik.

Kadeni, 2014. Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Vol.3. No.1. Hal. 4

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. United States of America: Prentice-Hall Inc. Hal. 45

Izmaimuza, D. 2011. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol. 2, No. 1. Hal. 13


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.