Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu

Nusliati Sampe Daun(1*), Helmi Helmi(2), Abdul Haris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam belajar fisika pada kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu. Variabel dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar fisika. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes diagnostik, angket dan wawancara. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar fisika antara lain (1) kesulitan berhitung (2) kesulitan memahami konsep dan (3) kesulitan didalam memahami rumus-rumus fisika. Kesulitan belajar disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menjadi penyebab kesulitan belajar fisika semuanya  berada pada kategori tinggi dan untuk faktor eksternal, indikator sekolah dan keluarga berada pada kategori cukup dan untuk indikator guru, lingkungan sosial sekolah dan suasana kelas berada pada ketogori tinggi.

Kata kunci: kesulitan belajar fisika, faktor internal, dan faktor eksternal

 

This research is qualitative descriptive research that aims to describe physics difficulties learners in class X SMA Negeri 1 Bontomarannu. The variable of this research is the physics learning difficulties. The subject is the students of class X SMA Negeri 1 Bontomarannu. Data collection techniques used were method of diagnostic test, questionnaires and interviews. The result data showed that students have physics learning difficulties, namely (1) counting difficulties (2) concept understanding difficulties and (3) physics formula understanding difficulties. Learning difficulties were caused by two factors, namely internal and external factors. Internal factors are present at the high category and external factors, school indicators and families at the quite category and teachers indicators, environment of social and the class condition at high category.

 

Keywords: physics learning difficulties, internal factors and external factors


Full Text:

Pdf

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar (Teori,Diagnosis, Dan Remediasinya). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anas Sudijono. 2006. Pengatar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arief,et Al. 2012. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Pada Siswa RSBI: Studi Kasus Di RSMABI Se Kota Semarag. Unnes Physics Education Journal. Vol. 1 No. 2 (2012).

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azizah,et Al. 2015. Kesulitan Belajar Fisika Pada Siswa SMA (The Physics Problem Solving Difficulties On High School Student). Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol. 5 No. 2 (2015).

Hakim, A. 2000. Hypnosis in Teaching : Cara Dahsyat Mendidik & Mengajar, Jakarta: Visimedia.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: UNM Press.

Krammer,et Al. 2014. On the diagnosis of learning disabilities in the Austrian school system: Official directions and the diagnostic process in practice in Styria/Austria. ALTER, European Journal of Disability Research. Vol. 8 (2014) 30–39.

Koyan, I.W., 2004. Konsep Dasar dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Makmun, Syamsuddin Abin. 2003. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Masroza, Fitria. 2013. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 No. 1(2013).

Mudlofir, Ali. 2013. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi, dan Aplikasinya). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mulyasa. 2014. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhayati, B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM

Samudra,et Al. 2014. Permasalahn-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Didalam Mempelajari Fisika. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 (2014)

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis,Metode dan Prosedur). Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugihartono,et Al. 2007. Psikologi Pendidikan. Yokyakarta: UNY Press.

Suryani, Yulinda Erma. 2010. Kesulitan Belajar. Magistra No. 73 Th. XXII September 2010, ISSN 0215-9511.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Westwood, Peter. 2004. Learning and learning difficulties : a handbook for teachers. Australian: Acer Press.

Zakelj, Amalija. 2014. Support to Pupils with Learning Difficulties in Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences 159 (2014).


Article Metrics

Abstract view : 142 times | Pdf view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.