Analisis Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah

Qurratul Aini Ridwan(1*), Kaharuddin Arafah(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah meliputi (1) aktivitas visual, (2) aktivitas lisan, (3) aktivitas mendengar, (4) aktivitas menulis, (5) aktivitas motorik dan (6) aktivitas mental. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Makassar tahun pelajaran 2018/2019. Terdiri dari 7 kelas dengan jumlah sebanyak 197 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas visual yang meliputi indikator membaca buku pelajaran/LKPD dan memperhatikan/ mengamati percobaan. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata 192 (85%), dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas lisan yang meliputi indikator mengajukan pertanyaan, menanggapi pertanyaan dan menyampaikan pendapat, serta diskusi kelompok, dengan rata-rata 158 (70%), dengan kategori baik. (3) aktivitas mendengar yang meliputi indikator mendengar uraian materi pelajaran dan mendengarkan percakapan dalam diskusi kelompok, dengan rata-rata 183 (81%), dengan kategori sangat baik. (4) aktivitas menulis yang meliputi indikator menulis catatan materi pelajaran dan membuat rangkuman materi pelajaran dengan rata-rata 171 (76%), dengan kategori sangat baik. (5) aktivitas motorik yang meliputi indikator melakukan percobaan, memilih alat-alat dan membuat kontruksi, dengan rata-rata 158 (70%), dengan kategori baik. (6) aktivitas mental yang meliputi indikator memecahkan masalah dan mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan rata-rata 137 (61%), dengan kategori baik. Kesimpulannya yaitu rata-rata aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Makassar memperoleh 73% termasuk kategori baik.

Kata kunci: aktivitas belajar, pembelajaran fisika, pemecahan masalah.

 

This study aims to describe the learning activities of students in physics-based learning problem solving including (1) visual activities, (2) oral activities, (3) listening activities, (4) writing activities, (5) motor activities and (6) activities mentally. This type of research is descriptive quantitative research. The subjects of this study were students of class XI 12 Makassar Public High School in 2018/2019 academic year. Consists of 7 classes with a total of 197 people. Data collection techniques used through questionnaires, observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that (1) visual activity which includes indicators reading textbooks / LKPD and observing / observing experiments. This is indicated by an average score of 192 (85%), with a very good category. (2) oral activities which include indicators asking questions, responding to questions and expressing opinions, as well as group discussions, with an average of 158 (70%), in either category. (3) listening activities which include indicators of listening to the description of subject matter and listening to conversations in group discussions, with an average of 183 (81%), with a very good category. (4) writing activities that include indicators to write notes of subject matter and make a summary of subject matter with an average of 171 (76%), with a very good category. (5) motor activity which includes indicators of conducting experiments, choosing tools and making construction, with an average of 158 (70%), in either category. (6) mental activities which include indicators of problem solving and presenting the results of group work with an average of 137 (61%), in either category. The conclusion is that the average learning activity of students in physics-based learning in problem solving for grade XI students of SMA Negeri 12 Makassar gained 73%, including the good category.

Keywords: learning activities, physics learning, problem based learning.

Full Text:

Pdf

References


Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan.

Fatmawati, D. N., Santosa, S., & Ariyanto, J. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Bio-Pedagogi, Vol. 2, No. 1, Hal. 1-15.

Susanto, H. P. 2016. Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika, Vol. 9, No. 2, Hal. 134-147.

Baksir, E. L., Mayub, A., & Putri, D. H. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Serta Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Pada Konsep Cahaya Di Kelas VIII E SMPN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 64–72.

Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika SMA Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 8.

Makrifah, D., Sudarti, S., & Subiki, S. 2017. Pembelajaran Fisika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Peta Konsep DI MAN 2 JEMBER (Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 319–325.

Velly, D. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains, 5(2), 88–94.

Padmadewa, M. 2012. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 192 times | Pdf view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.