Pengembangan LKPD Berbasis Kinerja dalam Pembelajaran Fisika

Ona Dermawan(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta yang didasarkan pada hasil belajar dalam bidang yang valid dan untuk mendeskripsikan respon peserta didik dan guru terhadap lembar kerja peserta didik yang didasarkankan pada kemampuan dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA SMAN 6 Sinjai dengan 29 responden. Pengembangan Pengembangan Penyanyi mengikuti Model empat dalam -D yakni Tahap pendefinisian ( mendefinisikan ), Tahap perancangan ( desain ), Tahap Pengembangan ( mengembangkan ), Dan Tahap Penyebaran ( desseminate ).Hasil penelitian diperoleh lembar kerja peserta didik berdasarkan kinerja yang valid dilakukan oleh pakar sebesar 1 nilai tersebut sesuai dengan tingkat konsistensi internal> 75. Respon peserta terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berdasarkan pada kinerja pada kategori tinggi dengan hasil 68,79%, dan respon guru terhadap lembar kerja peserta pada kategori sangat tinggi dengan hasil keseluruhan sebesar 89,21%.

Kata kunci : LKPD, kinerja, fisika.

 

This study presents development research that aims to produce participant worksheets that are based on the development in valid physics learning and to describe the responses of students and teachers to student worksheets based in the field of Physics. This research was conducted in drade XI MIA at SMAN 6 Sinjai with 29 respondents. This development follows the four-D development model namely, definition, design, development, and desseminate. The results of this study obtained student worksheets based on valid performance after being carried out by experts by 1 value according to the level of internal consistency r> 75. Participant responses to the use of student worksheets based on high performance in the category of 68.79%, and the teacher’s response of student worksheets based on very high performance with overall results of 89.21%.

Kata kunci : LKPD, kinerja, fisik


Full Text:

PDF

References


Kunandar. 2014. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Perseda.

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daniar, M. arsyad, dan Khaeruddin. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Ekosistem Karst untuk Kelas VII SMP Negeri 4 Bantimurung. Proceedings Seminar Nasional Fisika 2018.

A. Asyhari, W. Sunarno dan Sarwanto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter. Junal Inkuiri, Vol.3 No. I.

Herman dan Aslim. 2015. Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasisi Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015.

R. Anggraini, S. Wahyuni, dan A. D. Lesmono. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.4.

M. K. Hibbard. 2001. Performance Assessment in the Science Classroom. Glonceo Macmillan McGraw-Hill.

S. Ali dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

M. Amir1, Muris, dan M. Arsyad. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Pdf.

E. S. Dewi, M. Arsyad, dan Khaeruddin. 2019. Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksperimen pada Materi Fisika Kelas X Semester Genap. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Pdf.

S. S. Thiagarajan. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.