Pengembangan Asesmen Kinerja Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA

Chairil Arisandi(1*), Abdul Majid W(2), Kaharuddin Arafah(3), Bunga Dara Amin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen kinerja fisika pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan menurut Djaali dan Muljono yang telah dimodifikasi dengan menggabungkan beberapa pendapat ahli. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Jeneponto dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 berjumlah 28 orang. Tahapan pengembangan instrumen meliputi: (1) merumuskan definisi konseptual dan operasional; (2) merancang instrumen; (3) penelaahan pertanyaan; (4) uji coba; dan (5) perakitan instrumen final. Penelaahan oleh pakar bertujuan untuk menguji validitas isi instrumen. Data hasil telaah pakar diolah menggunakan analisis Gregory dan diperoleh nilai konsistensi internal sebesar 1.00, artinya berada pada kategori valid. Melakukan uji coba terhadap subjek penelitian yang bertujuan untuk menguji validitas kriteria instrumen. Data yang diperoleh berupa skor politomi, kemudian diolah menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis terdapat 66 butir valid dan 4 butir tidak valid dari total 70 butir pertanyaan. Nilai reabilitas instrumen sebesar 0.95 untuk uji coba I dan 0.92 pada uji coba II. Repon guru terhadap asesmen kinerja fisika sebesar 88,62% dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: penilaian kinerja, instrumen.

 

Abstract – The study aims to produce a physics performance assessment for students. This type of study is a research and development (R&D) with development steps according to Djaali and Muljono which have been modified by combining several expert opinions. This research was conducted at SMAN 6 Jeneponto with the subjects of this study trial were students of class XI IPA with 28 sample. The stages of instrument development include: (1) formulating conceptual and operational definitions; (2) designing the instrument; (3) examining questions; (4) testing; and (5) assembling the final instrument. The review by the expert aims to test the contents validity of instrument. The data from expert studies was processed using Gregory’s analysis and an internal consistency value of 1.00 was obtained, meaning that it was in the valid category. Trials were conducted on 28 research subjects that aims to test the criteria validity of instrument. The data obtained in the form of political scores, are then processed using the product moment correlation formula. The results of the analysis contained 66 valid items and 4 invalid items, with an instrument reliability of 0.95 for the first testing and 0.92 for the second testing. The teacher’s response to the use of physics performance assessment was 88.62% in the very positive category.

Keywords: performance assessment, instrument.

Full Text:

Pdf

References


Amsal, A. E. 2019. Evaluasi Pembelajaran Fisika SMA Negeri Di Kota Makassar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Hibbard, M. 2011. Performance Assessment In The Science Classroom. New York: Glencoe Mc Graw-Hill.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/ MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Said, N. 2019. Evaluasi Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kota Makassar dalam Mengiplementasikan Kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Guru. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Sari, S. M. 2017. Presepsi Guru Dalam Penilaian Autentik. Pendidikan, 1-12.

Sukmawa, O. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (ferformance Assessment) Praktikum Pada Mata Fisika Di SMA. Pendidikan, 116-129.

Slater, T. F. 1993. Performance Assessment The Physics Teacher. Physics. Montana.edu, 306-309.

Zainul, A. 2001. Alternatif Assesment. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | Pdf view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.