Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman

Muliati Syam(1*), Zeni Haryanto(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemecahan masalah merupakan suatu proses berpikir dengan menggabungkan pengetahuan yang telah diperoleh untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kemampuan pemecahan masalah tidak dapat diperoleh hanya dengan mengingat tetapi harus dilatihkan dengan suatu kombinasi dan rangkaian proses berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu dan memfasilitasi mahasiswa dalam menguasai sains fisika dan berlatih mengembangkan berbagai kecakapan dan keterampilan berpikir adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada mahasiswa semester 1 tahun ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Mulawarman. Jumlah sampel penelitian adalah 20 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis bentuk soal uraian sebanyak 8 item.  Data yang diperoleh diolah dengan uji statistik uji t dan N-Gain.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran dengan menggunakan model PBL berkontribusi dalam melatih kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. 2. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa fisika setelah diterapkan PBL dengan N-gain 0,43 dan termasuk dalam kategori sedang. 3.  Terdapat pengaruh pemecahan masalah setelah diterapkan PBL pada mata kuliah fisika dasar. Penelitian ini mengharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan pemecahan masalah yang dapat diterapkan dalam situasi lain dalam kehidupan nyata, serta dapat berpikir dengan menggabungkan pengetahuan yang telah diperoleh untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 

 

Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, fisika dasar

 

Problem solving is a thinking process by combining the knowledge that has been obtained to solve a problem. The problem solving ability cannot be obtained only by remembering but must be trained with a combination and a series of thought processes. One learning model that can help and facilitate students in mastering physics science and practice developing various skills and thinking skills is a problem-based learning approach. The purpose of this study was to determine the effect of applying the Problem Based Learning (PBL) model to students' problem solving abilities in the Fundamental Physics course. This research is a quantitative descriptive study carried out for students in the first semester of the 2018/2019 academic year in the Physics Education Study Program at Mulawarman University. The number of research samples is 20 students. Data collection uses a written test of 8 essay items. The data obtained is processed by t-test and N-Gain statistical tests. The results of the study show that: 1. Learning using the PBL model contributes to training students' problem solving skills. 2. There was an increase in problem solving abilities of physics students after PBL was applied with N-gain 0.43 and included in the medium category. 3. There is the effect of problem solving after PBL has applied it to basic physics courses. This study expects students to have problem solving abilities that can be applied in other situations in real life, and can think by combining the knowledge that has been obtained to solve a problem.

Keywords: Problem Based Learning, problem solving ability, fundamental physics


Full Text:

Pdf

References


T. Sunarti, Pemahaman Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Negeri Surabaya. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 2015.

Misbah, Indentifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Materi Dinamika Partikel, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2017.

T. Mayasari, A. Kadarohman, D. Rusdiana, Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning mampu Melatihkan Keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 1(2), 2016, 48.

J.R. Savery, & T.M. Duffy, PBL: Instructional model and its constructivist framework, Educational Technology, 35, 31–7, 1995.

R.E. Reys, M. Suydam, N. M.M Lindquist, & N. L. Smith, Helping Children Learn Mathematics (5thed.) USA: Allyn and Bacon, 1998.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Surabaya: Prestasi Pustaka, 2007.

O. Akinoglu, & Tandogan, The effect of problem-based active learning in science education on student’s academic achievement, attitude, and concept learning. Eurasia Journal 0f Mathematic, Science & Technology Education, 3(1), 2007, 71-78.

C. Y. Chang, Does computer-assisted instruction + problem solving = improved science outcomes? A pioneer study, The Journal of Educational Research, 95(3), 2002, 143–150.

E.T. Aka, E. Guven, M. Aydogdu, Effect of problem solving method on science process skills and academic achievement, Journal of Turkis Science Education, 7 (4), 2010, 13-25.

A. Rosyid, Fadhiya. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Model-Eliciting Activities (MeAs), Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2 (2), 2018, 33-41.

R.W. Dahar, Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.

I. Karatas, & A. Baki, The effect of learning environments based on problem solving on student’s achievements of problem solving, International Journal of Elementary Education. 5 (3), 2013, 249-267.

S. Rahayu, Analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada subkonsep pencemaran lingkungan melalui metode kasus, (Skripsi) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. 2008.

Liliasari & M. Tawil, Berpikir kompleks dan implementasinya dalam pembelajaran IPA, Makassar: Badan Penerbit UNM, 2013.


Article Metrics

Abstract view : 373 times | Pdf view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.