Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Efikasi Diri Peserta Didik

Nur Wahidah(1*), Yusminah Hala(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar dan efikasi diri peserta didik dengan menggunakan desain pretest-postest kontrol grup. Data hasil penelitian hasil belajar diperoleh melalui pretest dan postet dengan memberikan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal, sedangkan data efikasi diri diperoleh juga melalui pretest dan postest dari pengisian angket efikasi diri sebanyak 30 pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, N-Gain dan inferensial dengan uji t (independent sample test). Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen termasuk kategori sedang, (2) efikasi diri peserta didik kelas eksperimen termasuk kategori sedang, (3) hasil belajar peserta didik pada kelas kontrolĀ  termasuk kategori rendah, (4) efikasi diri peserta didik kelas kontrol berada pada kategori rendah, dan (5) hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran guided discovery terhadap peningkatan hasil belajar dan efikasi diri peserta didik Kelas VIII SMPN Gollek No. 34 Kepulauan Selayar.

Kata kunci : guided discovery, hasil belajar, efikasi diri


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.