Pembelajaran Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran PQ4R

Nurachima Nurachima(1*), Henny Setiawati(2), Jusman Tharikh(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Universitas Muhammadiyah Parepare
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif, peserta didik diharapkan memiliki keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik, lebih kreatif, mampu berpikir kritis, inovatif, dan produktif. Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang memungkinkan seseorang untuk menganalisis dan mengevaluasi pemikirannya. Hal yang terjadi di SMA Negeri 4 parepare bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik rendah, dikarenakan peserta didik cenderung kurang mampu dalam memecahkan masalah, tidak berani mengungkapkan pendapat atau ide, serta kurang mampu dalam menarik kesimpulan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen dengan 0ne-group pretest-postest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Parepare adapun sampelnya yaitu Kelas XI MIPA 3, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random sampling.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar tes berupa pretes dan posttest.Teknik analisis data berupa analisis deskriptif terdiri kriteria kemampuan berpikir kritis, analisis aktivitas peserta didik dan aktivitas pendidik dalam mengelola pembelajaran adapun analisis inferensial terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata keterampialan berpikir kritis pada pretest sebesar 50,43 atau berada pada kategori rendah dan Postest sebesar 75,68 atau berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat diperkuat oleh analisis inferensial menggunakan uji-t berpasangan dan memperoleh nilai probabilitas = 0,000. Nilai signifikan < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Parepare.

 

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Strategi pembelajaran PQ4R.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.