Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Bantaeng
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik berdasarkan minat yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan pembelajaran konvesional, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik berdasarkan minat antara yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian True eksperimental research design dengan menggunakan desain factorial 2x2 . Populasi penelitian adalah seluruh rombel kelas X MIPA SMA Negeri 4 Bantaeng tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 141 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X MIPA 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 21.0 menggunakan analisis two way Ancova.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar peserta didik berdasarkan minat yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari pada peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvesional, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik secara signifikan berdasarkan minat antara yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran konvensional
Kata kunci: Make a Match
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.