Uji Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Evolusi Kelas XII SMA

Nurhidaya Nurhidaya(1*), Adnan Adnan(2), Abd Muis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kurangnya lembar kerja peserta didik yang bermuatan Higher Order Thinking Skills pada materi evolusi menjadi dasar dilakukannya pengembangan LKPD berorientasi HOTS. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah menguji kevalidan lembar kerja peserta didik berorientasi Higher Order Thinking Skills pada materi Evolusi kelas XII SMA yang telah dikembangkan. Lokasi penelitian bertempat di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan, Universitas Negeri Makassar (UNM) pada bulan Januari-Februari 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen biologi UNM selaku validator ahli. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang berfokus pada 4 aspek penilaian yaitu didaktik umum, didaktik khusus, konstruksi, dan teknis. Nilai validator untuk produk dikategorikan valid berada pada rentang nilai 3-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata LKPD berorientasi HOTS ditinjau dari aspek didaktik umum dan khusus secara berurut adalah 4,39 dan 4,22, rata-rata penilaian validator terhadap aspek konstruksi LKPD adalah 4,39, dan penilaian terhadap aspek teknis memperoleh rata-rata sebesar 4,33. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi HOTS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, dengan rata-rata nilai kevalidan yang diperoleh dari keempat aspek adalah 4,40.

 

Kata kunci: Validitas, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), HOTS, Evolusi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.