Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) yang dipadukan Metode Resitasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMAN 5 Palopo

Faradillah Faradillah(1*), Yusminah Hala(2), Arsad Bahri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) yang dipadukan metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar biologi kelas XI SMAN 5 Palopo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Palopo. Pengabilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel 2 kelas sebanyak 60 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, tes hasil belajara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data inferensial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) yang dipadukan metode resitasi berada pada kategori cukup, (ii) motivasi belaja biologi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung berada pada kategori kurang, (iii) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) yang dipadukan metode resitasi berada pada kategori baik, (iv) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung berada pada kategori kurang, (v) terdapat perbedaan motivasi belajar biologi siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dipadukan metode resitasi dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung di SMAN 5 Palopo, (vi) terdapat perbedaan hasil belajar biologi belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dipadukan metode resitasi dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung di SMAN 5 Palopo.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, metode resitasi, motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.