Hubungan Motivasi dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba

Asnira Reski(1*), Mushawwir Taiyeb(2), Nurhayati B(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba wilayah bagian timur tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar, angket kemandirian belajar dan hasil belajar ujian tengah semester ganjil yang diperoleh dari data dokumentasi guru pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis mengunakan analisis korelasi sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.0 for Windows. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kemandirian belajar memiliki hubungan cukup kuat dengan hasil belajar biologi.

 

Kata kunci:  Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.