Analisis Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Madrasah Aliyah Kabupaten Gowa

Tauhidah Bachtiar(1*),

(1) Institut Turatea Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru, motivasi belajar Biologi siswa, hasil belajar Biologi siswa serta pengaruh antara persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional untuk menyelidiki pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat serta menguji hipotesis yang dirumuskan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Pesantren Kabupaten Gowa, yaitu MA Sultan Hasanuddin, MA Guppi Samata dan MA Bahrul Ulum. Sampel penelitian dipilih secara Purposive Sampling, sehingga diperoleh 77 orang sampel. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi komputer SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru berada pada kategori baik yaitu 51,95%, dan motivasi belajar Biologi berada pada kategori baik yaitu 61,04%. Hasil belajar biologi siswa MA Pesantren Kabupaten Gowa berada pada kategori sangat baik yaitu 72,73%. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa.

 

Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.