Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme International Student Assessment) Konten Biologi Tahun 2018

Nur Afni(1*), Nani Kurnia(2), Hamka L(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA konten biologi tahun 2018. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 45 siswa SMA Negeri 4 Bone. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes soal PISA berjumlah 22 nomor soal yang terdiri dari soal multiple choice item, constructed respon item, dan short-respon item. Hasil tes dianalisis berdasarkan 6 indikator level pada PISA yaitu tingkat satu (recall& reproduction) atau tingkat c1 mengingat (remembering), tingkat dua (using skills and/or conceptual knowledge) atau c2 memahami (understanding), tingkat tiga (strategic thinking) atau c3 mengaplikasikan (applying), tingkat empat (extended thinking) atau c4 menganalisis (analyzing), tingkat lima (evaluate of knowledge ) atau c5 mengevaluasi (evaluating), tingkat enam (higher mental activitie) atau c6 mencipta (creating). Berdasarkan hasil tes diperoleh rata-rata nilai siswa dari keenam indikator secara berurutan yaitu 40,2, 36,5, 73,8, 59,5, 25,7, 57,6, mengacu pada pengkategorian Nuryanti et.al (2019) nilai-nilai tersebut rata-rata berada pada kategori sangat rendah.

 

Kata kunci: PISA assesment, pembelajaran biologi, Literasi Sains

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.