Efektivitas Media Pembelajaran Bio Board Games Panjat Pinang Pada Materi Sistem Sirkulasi Semester Genap Kelas XI SMA Negeri 6 Takalar

Agustina Agustina(1*), Muhiddin Palennari(2), Firdaus Daud(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media papan permainan panjat pinang untuk pembelajaran biologi. Media ini berfungsi sebagai alat bantu menstimulasi daya ingat dan penguatan materi bagi siswa kelas XI SMA/MA Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari tahapan Research and Information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing, main product revision, main field testing. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMAN 6 Takalar kelas XI MIPA 1 dengan jumlah responden sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021 – Februari 2022. Instrumen yang dikembangkan untuk keefektifan yakni instrumen tes hasil belajar. Media pembelajaran Bio Board Games panjat pinang memiliki unsur kolaboratif, kompetitif, dan kooperatif. Media Bio Board games panjat pinang yang dikembangkan kemudian diuji validitas hingga dinyatakan valid oleh validator lalu diimplementasikan untuk mengetahui efektifitas melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bio board games panjat pinang yang dikembangkan khususnya pada hasil belajar memenuhi kriteria keefektifan karena jumlah peserta didik yang memperoleh nilai tuntas pada saat posttest (94,5%).

 

Kata Kunci: Keefektifan, Media Bio Board Games, Panjat Pinang

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.